Misteri Masalembo, Segitiga Bermuda Di Indonesia


101dunia - Segitiga Bermuda merupakan suatu kawasan yang keberadaannya tetap diselimuti misteri hingga kini. Dan siapa sangka, di Indonesia pun terdapat kawasan dengan misteri serupa yaitu Segitiga Masalembo. Daerah yang memang berbentuk segitiga ini merupakan daerah perairan laut yang terletak diantara Pulau Bawean, Kota Majene, dan Kepulauan Tengah.

Misteri Masalembo
Salah satu kapal yang hilang di Perairan Masalembo
Misteri Masalembo mencuat karena di daerah ini sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan pesawat dan kapal tenggelam terutama pada 10 tahun terakhir. Rentetan peristiwa naas tersebut diringi cerita rakyat yang berkembang tentang faktor mistis yang menyelimuti daerah itu.

Berikut ini adalah peristiwa naas kecelakaan berbagai pesawat dan kapal di daerah Masalembo:

1. Kapal laut Senopati Nusantara

Kapal laut Senopati Nusantara tenggelam pada tanggal 29 Desember 2006. Kapal ini berangkat dari Teluk Kumai, Kalimantan Tengah pada tanggal 28 Desember 2006 pada pukul 20.00 WIB menuju Semarang. Namun pada tanggal 29 Desember 2006 pukul 23. 15 petugas kehilangan kontak dengan kapal ini.

2. Pesawat Adam Air

Maskapai penerbangan Adam Air kehilangan satu unit pesawatnya diatas perairan Masalembo pada tanggal 1 Januari 2007.  Seluruh penumpang sebanyak 102 orang dinyatakan tewas dalam peristiwa tersebut.

3. Kapal Motor Mutiara Indah

Kapal ini dinyatakan hilang di Masalembo pada tanggal 19 Juli 2007.

4. Kapal Motor Fajar Mas

Tujuh hari kemudian setelah kecelakaan yang menimpa KM Mutiara Indah, terjadi lagi kecelakaan serupa yang menimpa KM Fajar Mas di wilayah Masalembo.

5. Kapal Motor Sumber Awal

Pada tanggal 16 Agustus 2007, atau belum sebulan setelah peristiwa naas yang menimpa KM Fajar Mas, perairan Masalembo kembali memakan korban yang kali ini adalah KM Sumber Awal.

6. Kapal Motor Teratai Prima

Dua tahun kemudian tepatnya pada tanggal 11 Januari 2009, giliran KM Teratai Prima yang tenggelam di perairan tersebut.

Berbagai musibah tersebut menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat, kenapa peristiwa tersebut terjadi pada bulan-bulan yang sama? Apakah ini berkaitan dengan faktor cuaca yang terjadi pada waktu-waktu tersebut?

Cerita Mistis Tentang Perairan Masalembo

Dalam kepercayaan masyarakat yang tinggal di sekitar Masalembo, bulan yang harus berbahaya adalah antara bulan Desember hingga Juni. Gelombang laut pada bulan tersebut dapat mencapai ketinggian 5 meter. Jika menemukan gelombang tinggi dan terdapat garis putih, jangan sampai nekat untuk menerjang. Jika tidak maka dapat dipastikan kapal tersebut akan karam.

Penduduk setempat percaya bahwa ada perlintasan tertentu yang harus dihindari di laut ini. Perlintasan tersebut sangat sakral dan nelayan tidak diperbolehkan untuk melewati perlintasan itu. Tidak saja perahu atau kapal motornya yang akan menghilang tetapi juga awak penumpangnya.

Legenda setempat meyakini bahwa perlintasan tersebut milik Ratu Malaka yang merupakan ibu dari suku laut. Suku laut ini tinggal tersebar di berbagai samudera, dan membentuk suku-suku baru setelah tinggal di darat.

Legenda yang kedua adalah tentang adanya suatu kerajaan siluman di daerah perairan Masalembo. Konon siapa pun yang berniat untuk melewati perairan Masalembo harus menyerahkan tumbal atau sesajen. Setelah itu orang tersebut harus memberikan penghormatan kepada makhluk astral di daerah itu dengan cara mengucapkan salam. Jika hal itu tidak dilakukan maka akan mengalami musibah.

Penjelasan Ilmiah Misteri Perairan Masalembo

Dilihat dari letak geografisnya, di kawasan Segitiga Masalembo terdapat suatu aliran arus air yang tidak normal. Arus Laut Jawa yang mengarah dari barat ke timur berbenturan dengan arus dari Laut Flores, kemudian arus Selat Makassar yang mengarah dari Utara ke Selatan membuat arus air laut di perairan Masalembo menjadi tidak normal dan cenderung berubah-ubah dengan drastis. Benturan ketiga arus air tersebut ditambah dengan arus air laut dingin yang terbawa dari Samudera Pasifik ke Samudera Indonesia dianggap sebagai penjelasan yang paling ilmiah mengenai berbagai kejadian naas yang terjadi di kawasan ini.

2 comments:

  1. Ceritanya ngeri banget ya gan , banyak misteri di balik segitiga bermuda itu yang belum kita ketahui ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Gan, masih misterius sampe sekarang

      Delete