Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


101dunia - Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata kopi juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan manusia. Hal ini karena kopi mengandung antioksidan dan gizi yang baik bagi tubuh sepanjang tidak dikonsumsi secara berlebihan. Zat yang terkandung didalam kopi adalah kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin. Jumlah kandungan kafein didalam kopi adalah 1% hingga 1,5%. 


Nutrisi yang terkandung didalam kopi diantaranya adalah Riboflavin (Vitamin B2), Pantotenat Acid (Vitamin B5), Mangan, Kalium, Magnesium dan Niacin. Di dunia kedokteran kafein sering digunakan untuk merangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urine. Ternyata selain bermanfaat bagi kesehatan, kopi juga bermanfaat untuk merawat kecantikan.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

1. Menambah stamina

Kandungan kafein didalam kopi dapat melawan adenosin yang menjadi penyebab munculnya rasa kantuk. Dengan mengkonsumsi kopi maka asupan kafein kedalam tubuh akan memperlambat kinerja sel adenosin tersebut sehingga tubuh menjadi segar.

2. Mencegah diabetes

Mengkonsumsi kopi dapat menghambat penyerapan gula. Asam klorogenat yang terkandung didalam kopi dapat membantu peningkatan produksi insulin. Para ahli berhasil membuktikan penyakit diabetes yang diderita seseorang dapat diturunkan sebesar 50% dengan mengkonsumsi kopi.

3. Mencegah kanker

Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu menekan resiko kanker. Sebuah studi di Jepang mengatakan bahwa wanita yang meminum dua gelas kopi setiap hari mengalami penurunan resiko terkena kanker usus besar sebanyak 2%.

4. Mencegah kanker mulut

Sifat anti-bakteri yang dimiliki kopi sangat baik bagi kebersihan mulut, Meminum kopi dapat membantu menyembuhkan sakit gigi dan gusi. Selain itu kopi juga dapat membantu menurunkan resiko terkena kanker mulut.

5. Mencegah parkinson

Parkinson merupakan penyakit yang disebabkan oleh menurunnya fungsi saraf dalam tubuh manusia. Meminum kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit ini.

6. Menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer

Alzheimer dapat menyerang orang yang telah berusia 65 tahun keatas. Penyebab penyakit ini adalah terjadinya penurunan fungsi saraf tubuh. Mengkonsumsi kopi diklaim mampu mencegah terjadinya degradasi fungsi saraf.

Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

1. Sebagai masker wajah

Salon-salon kecantikan banyak menggunakan kopi sebagai masker wajah. Selain menjadikan kulit kencang, kopi juga dapat mengangkat sel kulit mati.

2. Perawatan kulit kepala

Bagi Anda yang mengalami masalah kerontokan rambut, meminum kopi dapat mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini karena kandungan kafein didalam kopi bersifat sebagai anti-oksidan yang berperan untuk menjaga kulit kepala tetap sehat.

3. Kulit tubuh yang segar

Scrub yang dibuat dari kopi akan memaksimalkan pelepasan sel kulit mati sehingga kulit akan senantiasa muda, sehat, dan bercahaya. Selain itu kopi juga dapat menghilangkan warna hitam pada siku tangan dan tumit kaki pecah-pecah.

0 comments:

Post a Comment