Keajaiban Teknologi Film Hollywood Yang Menakjubkan


101dunia - Teknologi perfilman dunia telah mengalami perkembangan yang signifikan dari masa ke masa. Jika dahulu para penonton hanya dapat menikmati film hitam putih saja, saat ini mereka telah disuguhi berbagai hiburan yang nampak nyata di layar lebar bahkan terkadang terlihat seolah-olah lebih indah daripada kenyataan yang sebenarnya.
 

Film pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat umum pada tahun 1895 di Perancis. Pada saat itu masyarakat Perancis dapat menonton film dengan membayar tiket masuk di Grand Cafe Boulevard de Capucines, Paris. Dunia mengakui bahwa pertunjukan ini adalah awal mula dikenalnya pertunjukan bioskop di seluruh dunia. 

Sedangkan masyarakat Indonesia pertama kali mengenal film pada tahun 1900 dengan adanya pemutaran film dokumenter di Batavia. Film tersebut menceritakan tentang perjalanan ratu dan raja di Den Haag. Pada saat itu pertunjukan film yang disebut "Gambar Idoep" ini dianggap kurang berhasil karena harga karcisnya kurang terjangkau. Oleh karena itu beberapa lama kemudian harga karcis diturunkan sebesar 75% untuk menarik minat masyarakat. 

Saat ini film telah menjadi salah satu hiburan yang paling dinikmati, karena itu orang-orang yang berkecimpung dalam dunia perfilman semakin berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang mendukung industri ini. 

Teknologi yang saat ini banyak digunakan dalam industri perfilman adalah CGI (Computer Generated Imagery). CGI ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat menciptakan berbagai efek khusus dalam film seperti efek 3 dimensi, merubah warna objek, dan menambahkan adegan-adegan tertentu dalam suatu skenario.

Banyak sekali film-film Hollywood yang menggunakan CGI seperti Lord Of The Ring, Spiderman, Hobbit, Iron Man, The Avengers, Wolverine, dan lain sebagainya. Bahkan dalam film Furious 7 teknologi ini berhasil menghidupkan kembali karakter Paul Walker hanya dengan menggabungkan beberapa tokoh yang memiliki kemiripan dengannya.

Teknologi CGI adalah suatu terobosan dalam kehidupan manusia yang berhasil menghadirkan sesuatu yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Berbagai adegan berhasil diciptakan dengan teknologi ini seperti adegan kebakaran, adegan sebuah permainan sepakbola yang dihadiri puluhan ribu penonton, perang di film kolosal yang terlihat seolah-olah memakai pemeran prajurit yang ribuan orang jumlahnya, bahkan adegan astronot di luar angkasa.

Berikut ini adalah foto-foto perbandingan antara yang terjadi di belakang layar dengan yang terlihat pentonton di layar lebar:


Adegan sebuah ledakan dan kebakaran dapat diciptakan didalam studio


Lord Of The Ring menyuguhkan pemandangan yang indah dalam adegan ini, padahal tidak nyata.



Keramaian kota New York tempo dulu, benar-benar karya CGI yang menakjubkan


Astronot terlihat sedang beraktivitas di raung hampa udara, padahal lagi-lagi hanya di studio.



Sebuah pemandangan indah lainnya di film Lord Of The Ring



Cahaya matahari dan pemandangan awan di langit pun dapat diciptakan dengan CGI


Seekor harimau nampak di layar, padahal sebenarnya tidak ada.


Ribuan prajurit dan istana di kejauhan hanyalah salah satu efek yang diciptakan CGI


Cukup sebuah studio film saja untuk menciptakan dermaga seperti ini


Jawaban bagi Anda yang ingin tahu biaya untuk menyewa pemeran para penonton di stadion sepakbola


Tidak perlu seorang stuntman untuk memerankan adegan berbahaya ini


Pemandangan ciptaan CGI yang lain


Adegan ini tidak benar-benar dilakukan diatas kapal di tengah laut


Robert tidak harus direpotkan dengan  berulangkali ganti kostum


Wajah mengerikan ini bukan hasil make up, tapi murni hasil CGI


Tidak perlu menyewa banyak mobil hanya untuk mendapatkan adegan ini


Sebuah boneka lucu ini mungkin bisa disebut sebagai stuntman sang harimau


Bangunan gedung pun dapat diubah menjadi kapal laut yang besar


Terlihat seolah-olah berusah payah memanjat tebing, padahal mereka hanya merangkak secara horizontal

0 comments:

Post a Comment