Inilah Wanita-wanita Tangguh Penunggang Motocross


101dunia - Selama ini banyak yang beranggapan bahwa dunia motocross hanya dimiliki oleh kaum pria. Ketegangan yang memicu adrenalin, kekuatan fisik yang tangguh, ketangkasan dalam pengendalian motor, memberikan sugesti bahwa dunia motocross memang dunia para lelaki. Namun ternyata kaum hawa juga tidak mau kalah, di dunia ini cukup banyak wanita yang menggeluti kerasnya kompetisi motocross. Tidak hanya itu, para wanita cantik ini pun menorehkan prestasi yang patut dibanggakan.

Berikut ini adalah wanita-wanita tangguh penunggang motocross

1. Sue Fish


Wanita berkebangsaan Amerika yang lahir pada 9 November 1958 ini sangat fenomenal pada jamannya. Saking terkenalnya, media pers sampai menjulukinya Sue "si ikan terbang" Fish. Dia adalah seorang pelopor dalam dunia balap motocross wanita. Pada kejuaraan motocross tahun 1976 dan 1977, dia berhasil menorehkan prestasi yang fenomenal dengan menjadi pembalap wanita pertama yang bersaing dengan pembalap pria. 

Selama karir balapnya, Sue mencatatkan diri sebagai juara dengan sangat mengagumkan. Atas berbagai pencapaiannya, dia dianugerahi penghormatan dalam acara Legends and Heroes Tour pada 13 Februari 2010 lalu.  Selain sebagai pembalap, Sue juga pernah menjadi stuntwoman memerankan "Linda Hamilton" di film Terminator. 

Karir balap Sue berakhir pada tahun 2009 dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pelatih balap. Salah satu penghargaan paling bergengsi yang pernah dia dapatkan adalah penghargaan "Motorcycle Hall Of Fame" pada tahun 2012. 

2. Mercedes Gonzales


Mercedes Gonzales lahir pada 11 Juli 1963. Minatnya yang kuat terhadap dunia balap motor sangat dipengaruhi oleh ayahnya yang juga seorang pembalap sepeda motor. Ketika Mercedes masih berumur 5 tahun, ayahnya membelikan sepeda motor. Namun sepeda motor tersebut baru benar-benar dia kuasai 2 tahun kemudian. Sejak saat itu karir balapnya selalu mengalami peningkatan.

Tahun 1992 Mercedes mendapat gelar "Wanita Tercepat Di Dunia Motocross". Namun pada tahun itu pula Mercedes memutuskan untuk berhenti dari olahraga motocross dan berubah haluan menjadi pesepeda gunung.

3. Nancy Payne


Pembalap wanita ini adalah seorang idola bagi penggemar motocross era tahun 70an. Nama Nancy saat itu ditorehkan dalam sejarah setelah berhasil memenangkan kejuaraan balap motocross di kelas wanita. 

4. Lisa Akin Wagner


Wanita ini lahir dari keluarga pembalap pada tanggal 12 Februari 1964. Didikan dari ayahnya lah yang mengantarkannya menjadi salah satu wanita yang paling banyak meraih gelar juara dalam sejarah motocross. 

Ketangkasannya dalam mengendalikan motocross membuat dia berhasil mengalahkan pembalap pria sekalipun, bahkan tidak jarang membuat mereka sampai keluar dari jalur balap. Wanita dari Michigan ini akhirnya menikah dengan seorang pembalap motocross berbakat lainnya yang bernama Bobby Wagner, dan mereka berdua diberi gelar sebagai "Pasangan Motocross Amerika Pertama" hingga saat ini.

5. Tarah Gieger


Tarah Gieger lahir pada 18 September 1985. Karir balapnya dimulai pada tahun 2003, dan setahun kemudian ia berhasil memenangkan kejuaraan balap Motocross National Loretta Lynn AMA. Selanjutnya gelar juara acara tahunan tersebut juga berhasil ia menangkan di tahun 2006 dan 2007. 

Pada tahun 2009 Tarah mengalami patah tulang pergelangan tangan yang menyebabkan ia harus cuti balap untuk sementara. Namun pada tahun 2010 ia kembali ke dunia balap dan berhasil meraih medali perak di ajang supercross wanita dalam X Fames.  

0 comments:

Post a Comment