Fenomena Aneh Bukit Pasir Yang Telah Melahap Apapun Di Dekatnya. Video Inside


101dunia - Misteri fenomena bukit pasir yang telah melahap apapun di dekatnya telah menjadi pembicaraan sejak puluhan tahun silam. Dengan panjang 3 km, lebar 500 m, dan tinggi 100 m, bukit pasir ini lebih sesuai jika berada di Gurun Sahara daripada di pesisir pantai barat Prancis.
 
The Great Dune Of Pyle

Bukit pasir yang dijuluki The Great Dune Of Pyla ini telah berkembang menjadi gundukan pasir paling besar di Eropa. Keganasannya telah melahap berbagai objek yang ada di dekatnya seperti rumah, jalan, bahkan hutan.

The Great Dune Of Pyle
The Great Dune Of Pyle
Bukit ini terletak di pantai Atlantik di La Teste-de-Buch, sekitar 60 km barat laut dari Bordeaux, dan telah menggelembung selama berabad-abad. Saat ini jumlah pasir yang berada di dalamnya telah mencapai 60 juta meter kubik.

Akibat hembusan angin Atlantik barat ke pantai, bukit ini bergerak sepanjang tahun dengan kecepatan lima meter per tahun. Diduga, dalam seratus tahun terakhir ukurannya telah meningkat dua kali lipat.

Bangunan Yang Hancur Oleh Bukit Pasir
Bangunan di sekitar bukit pasir

Pergerakan bukit pasir ini telah mendorong hutan di sekitarnya dan menutupi rumah-rumah. Selain itu bukit ini juga telah menelan bagian Atlantik Wall, yaitu benteng yang dibangun oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia Kedua. 

Sebuah keluarga Prancis, Bordeaux, pernah membangun sebuah villa di sisi bukit pasir pada tahun 1928 tetapi dua tahun kemudian pasir telah mencapai villa tersebut dan mulai menelannya. Akhirnya seperti yang dilaporkan Planet Amusing, pada tahun 1936 villa itu benar-benar hilang.

Dibalik kengerian yang ditimbulkannya, bukit pasir ini menyimpan keindahan tersendiri. Karena itu sekitar satu juta wisatawan tertarik mengunjungi bukit ini setiap tahun. Selain menikmati pemandangan indah, wisatawan juga dapat mencoba wahana paraglider di tempat ini.

Paralayang di The Great Dune Of Pyla
Paralayang di The Great Dune Of Pyla

The Great Dune Of Pyla terbentuk karena adanya posisi Banc D'Arguin, yaitu penyimpanan pasir alami (sandbank) yang terletak sekitar satu kilometer dari bibir pantai.

Menurut BBC Geography in Animation, ketika air laut surut dan sandbank tersebut mengering, maka angin Atlantik mulai meniupnya ke pantai. Setelah mencapai daratan, pasir mulai menyentuh gundukan bukit dan angin menerbangkan butiran pasir ke atas puncak bukit.

Akibat hembusan angin beserta pasir yang berkelanjutan maka secara bertahap bukit pasir semakin membentuk kemiringan 35 derajat yang akhirnya menjadi tidak stabil sehingga bukit pasir akan longsor ke arah daratan.

Berikut adalah video pemandangan bukit ini:



Proses tersebut terus terjadi berulang kali sehingga akhirnya longsoran pasir dari atas menelan berbagai objek yang berada di daratan. Selama 57 tahun ke belakang, bukit pasir ini telah bergerak sejauh 280 meter dan meluluh lantakkan berbagai objek di dekatnya.
 

0 comments:

Post a Comment