Ciri Dan Gejala Kanker Usus


101dunia - Kanker usus adalah tumbuhnya kanker ganas didalam permukaan usus besar atau rektum. Seringkali kanker usus berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau adenoma, yang dalam stadium awal membentuk polip. Seiring dengan waktu, gumpalan-gumpalan sel yang berukuran kecil ini menyebar tidak terkendali hingga akhirnya menjadi kanker dan merusak usus.

Kanker Usus

Penyebab kanker usus

Kanker usus muncul disebabkan pola hidup tidak sehat. Seseorang beresiko terserang kanker usus apabila melakukan kebiasaan pola hidup yang tidak baik seperti terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat, makanan instan, kolesterol, dan makanan rendah gizi. Dengan kata lain, penyebab munculnya kanker usus terletak pada makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak racun yang masuk kedalam usus maka usus akan kesulitan untuk mencernanya. Karena tidak bisa dicerna maka semua racun berbahaya tersebut akan mengendap didalam usus dan menyebabkan kanker.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus:

1. Terlalu sering mengkonsumsi daging merah.
2. Merokok
3. Mengkonsumsi minuman beralkohol
4. Kelebihan berat badan atau obesitas
5. Kekurangan serat makanan
6. Berusia 60 tahun keatas
7. Memiliki radang usus
8. Diabetes
9. Kurang olahraga
10. Riwayat keluarga

Ciri dan Gejala Kanker Usus

Gejala utama yang sering terjadi pada penderita kanker usus adalah mengalami rasa sakit ketika BAB (buang air besar). Rasa sakit yang terjadi disebabkan karena adanya gesekan antara permukaan dinding usus tempat bertumbuhnya kanker. Rasa sakit ini sering diiringi pendarahan. Berikut ini adalah gejala-gejala lain yang dirasakan penderita kanker usus:

  • Perubahan pada fungsi usus berupa diare atau sulit BAB dalam jangka waktu lebih dari 6 minggu.
  • Penurunan berat badan tanpa sebab.
  • Rasa sakit di bagian depan perut atau belakang.
  • Perut masih terasa penuh walaupun sudah BAB.
  • Terus menerus merasa lelah.

Tahap Perkembangan Kanker Usus

Berikut adalah 4 tahapan perkembangan kanker usus:
  • Stadium 1, kanker sudah mulai tumbuh didalam usus besar, walaupun belum menyebar karena masih terhalang dinding usus.
  • Stadium 2, kanker sudah menyebar ke seluruh dinding usus besar bahkan menembusnya. 
  • Stadium 3, kelenjar getah bening yang letaknya berdekatan dengan usus besar telah digerogoti oleh kanker.
  • Stadium 4, kanker telah semakin menyebar jauh hingga menyerang organ-organ tubuh.
Pemeriksaan Kanker Usus

Untuk mengetahui apakah seorang pasien menderita kanker usus atau tidak, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan. Pemeriksaan pertama pada daerah anus untuk melihat apakah ada pembengkakan. Jika diperlukan maka dokter akan menggunakan alat yang disebut sigmoidoski. Sigmoidoski merupakan alat berbentuk selang kecil yang dilengkapi lampu dan kamera di ujungnya untuk dimasukkan kedalam usus besar melalui anus. Dokter dapat melihat di monitor apakah seorang pasien mengidap kanker usus atau tidak.

Jika pemeriksaan menggunakan alat sigmoidoski dirasa tidak cukup maka dokter akan menggunakan metode lain diantaranya adalah kolonoskopi. Metode pemeriksaan ini hampir sama seperti sigmoidoski namun alat yang digunakan berukuran lebih panjang sehingga dapat lebih masuk kedalam usus besar.

Seringkali terjadi hal dimana pasien tidak dapat menjalani pemeriksaan dengan kolonoskopi karena alasan medis tertentu. Pada kasus ini dokter akan memeriksa pasien dengan menggunakan metode CT Colonography. Selang penyalur gas akan dimasukkan kedalam anus dan gas akan ditiupkan melalui selang tersebut agar anus pasien akan sedikit mengembang. Setelah itu dokter akan dapat mengamati kondisi usus dari segala sudut dengan bantuan CT Scan.

Jika pasien telah positif menderita kanker usus maka selanjutnya dokter akan melakukan tindakan medis. 


0 comments:

Post a Comment