Cara Mengatasi Susah Tidur


101dunia - Setelah lelah bekerja di siang hari tentu Anda membutuhkan istirahat yang cukup di malam hari. Tidur dengan nyenyak adalah cara yang ampuh untuk memulihkan energi sehingga keesokan harinya Anda dapat kembali beraktivitas dengan tenaga dan pikiran yang segar. Namun ternyata terkadang hal-hal sepele dapat membuat kita susah tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi gangguan tidur Anda:  

1. Makanan dan minuman

Jam makan malam akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Usahakan untuk makan malam tidak lebih dari jam 19.30. Makan terlalu larut akan mengganggu kesehatan tubuh Anda termasuk gangguan tidur. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat, makanan pedas, dan kopi.

2. Istirahatkan mata dan telinga

Kebiasaan menonton televisi sebelum tidur dapat menghilangkan rasa kantuk Anda terutama jika acara yang ditonton merupakan film horror atau acara komedi. Hilangnya rasa kantuk tersebut membuat Anda sulit tidur sehingga keesokan harinya Anda akan mengantuk di tempat kerja. 

3. Tidur di kegelapan

Cahaya sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Karena itu usahakan untuk mematikan lampu kamar sebelum tidur atau gunakan masker tidur. 

4. Jauhkan telepon seluler

Radiasi telepon seluler sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika diletakkan di dekat kepala Anda maka alat ini juga akan membuat Anda sulit tidur.

5. Membaca buku

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk dapat segera merasakan kantuk. Salah satu cara yang paling ampuh adalah membaca buku. Bacalah buku yang tidak terlalu memberatkan pikiran sampai Anda mengantuk.

0 comments:

Post a Comment