Bahaya Meminum Kopi Secara Berlebihan


101dunia - Seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan hal negatif, begitu juga dengan meminum kopi. Walaupun kopi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tetapi akan berbahaya jika diminum secara berlebihan. Salah satu efek negatif yang akan terasa adalah rasa kecanduan. Hal yang mengakibatkan kecanduan meminum kopi adalah kafein yang terkandung didalamnya.

Bahaya Meminum Kopi

Selain kecanduan, meminum kopi secara berlebihan juga dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh. Berikut ini adalah bahaya meminum kopi secara berlebihan:

1. Serangan jantung

Penderita penyakit jantung sedapat mungkin harus menghindari kopi. Kandungan kafein yang terdapat didalam kopi dapat menyebabkan jantung berdetak lebih kencang dari seharusnya. Oleh karena itu jika mengkonsumsi kopi, seorang penderita penyakit jantung sangat beresiko terkena serangan jantung.

2. Penyakit maag

Meminum kopi dalam kondisi perut kosong dapat menyebabkan asam lambung meningkat sehingga seseorang terkena penyakit maag. Seorang penderita penyakit maag harus menghindari kopi karena akan membuat penyakit maag tersebut menjadi kronis.

3. Daya Tahan Tubuh Melemah

Kafein memiliki sifat menyerap vitamin, mineral, dan cairan dalam tubuh. Akibatnya daya tahan tubuh akan melemah. Karena itu biasakan meminum air putih setelah meminum kopi.

4. Keguguran

Pada ibu hamil, kafein dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah, dan detak jantung pada janin sehingga menyebabkan keguguran. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi.

5. Gelisah

Terlalu banyak meminum kopi akan menyebabkan seseorang menjadi gelisah, jantung berdebar-debar, dan tremor pada tangan.

6. Tekanan darah tinggi

Berbagai senyawa didalam kopi adalah zat yang paling mematikan bagi penderita hipertensi. Tidak jarang orang yang mengalami stroke setelah meminum kopi terlalu banyak. Penderita hipertensi dilarang keras untuk mengkonsumsi kopi.

7. Gangguan pada sistem reproduksi

Tingkat kesuburan seorang wanita yang mengkonsumsi kopi secara berlebih dapat menurun sehingga beresiko menderita kemandulan. Menurut penelitian dari Harvard School Of Public Health, wanita yang meminum kopi secara berlebihan dapat mengalami gangguan pada sistem reproduksi yang ditandai dengan rasa sakit yang berlebih ketika menstruasi.

8. Rapuh tulang

Meminum kopi terlalu banyak dan sering akan membuat tulang menjadi rapuh, terutama pada wanita yang berusia lanjut.

9. Keringat berlebih

Tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih karena keluarnya asam gastrat dari tubuh manusia.

10. Glaucoma

Seorang asisten profesor kedokteran di  Channing Division Of Network Medicine at Brigham mengatakan bahwa orang yang meminum 3 gelas kopi dalam sehari akan beresiko terkena Glaucoma atau gangguan pada mata. 

Harap diingat bahwa berbagai gangguan kesehatan diatas diakibatkan oleh pola meminum kopi yang berlebihan. Oleh karena itu untuk mendapat manfaat meminum kopi dan menghindari bahayanya maka kita harus mengontrol jumlah dan frekruensinya.

0 comments:

Post a Comment