7 Makanan Yang Ampuh Untuk Membersihkan Kolesterol Di Dinding Pembuluh Darah

 

101dunia - Tahukah Anda bahwa lemak atau kolesterol jahat dapat mengendap di dinding pembuluh darah? Dan jika dibiarkan maka akibatnya pembuluh darah akan tersumbat dan aliran darah menjadi terhambat. Tersumbatnya pembuluh darah dapat memicu serangan jantung dan stroke. Selama kedua penyakit itu belum terjadi, maka belum terlambat untuk segera melakukan langkah pencegahan.

Cara yang paling mudah untuk membersihkan lemak di dinding pembuluh darah adalah dengan mengkonsumsi makanan berikut ini:


1. Alpukat

Alpukat
Alpukat
Rasanya yang lezat membuat buah ini populer untuk dijadikan jus. Hampir di setiap penjual jus buah-buahan kita dapat menemukan hidangan jus alpukat. Selain lezat, ternyata buah ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh adalah asam oleat.

Mengkonsumsi alpukat dapat meningkatkan kadar lemak baik dan menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Lemak baik berfungsi untuk melunturkan lemak jahat dari pembuluh darah, karena itu alpukat sangat baik jika dikonsumsi oleh orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Buah alpukat juga memiliki kandungan lutein yang merupakan salah satu jenis karotenoid dan berfungsi sebagai antioksidan. 


2. Olive Oil

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun
Olive oil atau minyak zaitun mengandung asam lemak yang dapat menurunkan kadar trigiserida dan kolesterol dalam darah. Jenis lemak baik yang juga dikandung minyak ini adalah omega-6 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. 

Minyak zaitun juga mengandung oleuropein yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Sebagai antioksidan, minyak zaitun juga berfungsi untuk melawan radikal bebas.


3. Serat gandum

Serat Gandum
Serat Gandum
Serat gandum atau oatmeal adalah makanan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Dalam satu cangkir serat gandum terkandung kurang lebih 2 gram serat laut dan 4 gram serat total. Serat laut yang dikonsumsi akan berubah menjadi gel didalam lambung. Dengan berubah menjadi gel dalam lambung maka setelah menyantap oatmeal seseorang akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. 


4. Kacang almond

Kacang Almond
Kacang Almond
Selain berfungsi sebagai antioksidan, kacang almond juga mengandung senyawa yang dapat mencegah pemecahan lemak baik sehingga mampu mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi makanan ini secara teratur maka akan meningkatkan jumlah lemak baik dan menurunkan lemak jahat dalam darah.

Dengan kandungan protein, vitamin E ekstra, vitamin B kompleks, dan asam lemak omega-3, mengkonsumsi segenggam almond setiap hari mengenyangkan perut dan menyehatkan tubuh Anda.


5. Ikan Laut

Ikan Tuna
Ikan tuna
Berbagai jenis ikan laut seperti misalnya ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat menurunkan lemak jahat dalam tubuh. Penelitian di Denmark yang dilakukan kepada 49.000 orang wanita menemukan bahwa wanita yang sedikit mengkonsumsi ikan atau tidak mengkonsumsi sama sekali memiliki masalah jantung 50% lebih besar dibandingkan mereka yang sering mengkonsumsi ikan. 

Para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang jarang makan ikan beresiko terkena penyakit jantung tiga kali lipat lebih besar dibandingkan mereka yang sering mengkonsumsi ikan. Oleh karena itu para ahli menganjurkan untuk makan ikan setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu,

6. Kedelai

Kacang kedelai
Kacang kedelai
Apakah Anda sering mengkonsumsi tahu tempe? jika iya maka pertahankan. Tahu dan tempe dibuat dari kedelai yang mengandung nutrisi sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah dalam tubuh. Asam linoleat dan asam linolenat yang ditemukan dalam kedelai berperan untuk mengatur fungsi otot dalam tubuh serta mempertahankan tekanan darah normal.

Serat yang terkandung dalam kedelai mampu mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh dengan cara melunturkannya dari dinding pembuluh darah.


7. Strawberry

Strawberry
Strawberry
Seperti alpukat, buah strawberry juga sering dihidangkan dalam bentuk jus. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang melakukan diet strawberry dan diet gandum memiliki hasil yang sama dalam hal meningkatkan kesehatan jantung. 

Strawberry juga mengandung pektin yang merupakan serat laut. Pektin ini berfungsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

0 comments:

Post a Comment