22 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami


101dunia - 22 Cara cepat menghilangkan jerawat secara alami - Permasalahan pada wajah yang sering dialami oleh banyak orang adalah munculnya jerawat. Berbagai metode pengobatan telah dilakukan oleh penderita jerawat namun seringkali jerawat tetap membandel di wajah. Alih- alih sembuh dari jerawat, tidak jarang seseorang malah menderita peradangan kulit wajah akibat obat kimia yang tidak cocok.

22 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Secara Cepat
Ilustrasi Penggunaan Masker Alami Penghilang Jerawat
Pengobatan medis yang menggunakan bahan-bahan kimia tertentu memang memiliki resiko menimbulkan efek samping yang cukup mengerikan. Apalagi jika obat kimia yang digunakan belum terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Oleh karena itu penderita dapat mencoba cara cepat menghilangkan jerawat secara alami sebagai cara alternatif.

Sebetulnya alam telah menyediakan berbagai obat yang mungkin belum Anda ketahui khasiatnya. Untuk menghilangkan jerawat membandel, ada makanan-makanan alami yang dapat dikonsumsi secara rutin.


Makanan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat


Rachel Wood, seorang ahli gizi holistik yang terdaftar di Charlottetown PEI, menyatakan bahwa beberapa diantara makanan yang disebutkan dibawah ini justru sangat baik untuk menghilangkan jerawat secara alami:


1. Lemak ikan


Ikan merupakan sumber asam lemak baik seperti Omega 3 dan Omega 6. Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah terjadi peradangan didalam tubuh seseorang sehingga menyebabkan sel bereaksi dengan menyumbat pori-pori. Kandungan asam lemak baik ini dapat mengurangi peradangan tersebut. Ikan yang mengandung asam lemak baik diantaranya adalah ikan salmon.


2. Kacang


Kekurangan akan asupan mineral seperti zinc dan selenium juga berpotensi menimbulkan jerawat. Makanan yang banyak mengandung kedua mineral tersebut adalah kacang. Karena itu mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin sangat baik untuk menghilangkan jerawat.


3. Beras merah


Beras merah adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin B, magnesium, serta berbagai antioksidan. Vitamin B sangat berguna untuk mengatur hormon sehingga dapat mencegah munculnya jerawat.


4. Bawang putih


Bawang putih telah dikenal memiliki khasiat untuk melawan peradangan, membunuh virus dan bakteri dalam tubuh. Kandungan alicin yang terdapat didalam bawang putih lah yang berperan untuk memerangi segala macam penyakit. Saat ini bawang putih sudah tersedia dalam bentuk kapsul sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.


5. Brokoli


Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan gizi seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Selain itu brokoli juga memiliki sifat anti oksidan sehingga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa memicu munculnya jerawat.


6. Wortel


Selain baik bagi kesehatan mata, wortel juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan vitamin A yang tinggi dapat menjaga kelebihan produksi sel di lapisan kulit luar. Biasakan untuk mengkonsumsi wortel tanpa direbus terlebih dahulu, karena jika direbus terlalu matang akan menghilangkan kandungan vitamin didalamnya.


7. Yogurt


Orang yang menderita jerawat seringkali memiliki kandungan asam lambung yang rendah. Untuk memperbaiki saluran pencernaan dan menyeimbangkan kandungan asam lambung dalam tubuh maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan probiotik yang tinggi seperti yogurt.


8. Teh hijau


Teh hijau dikenal memiliki khasiat untuk kulit. Kemampuan alami yang dimiliki teh hijau adalah detoks tubuh sehingga dapat mensterilkan tubuh dari racun. Dengan keluarnya racun dari tubuh maka teh hijau membantu menghilangkan infeksi dan mencerahkan kulit. Bakteri penyebab jerawat pun tidak luput dari detoksifikasi yang dilakukan tubuh setelah mengkonsumsi teh hijau.


9. Mentimun


Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Berbeda dengan air mineral, air yag terkandung didalam mentimun memiliki kandungan vitamin C. Serat yang terkandung didalam mentimun pun baik untuk menghilangkan jerawat.


10. Berry


Asam salisilat yang terkandung didalam buah-buahan seperti strawberry, blueberry, dan lain-lain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat secara alami. Berry juga mengandung beta karoten yang berfungsi sebagai anti oksidan.


11. Susu


Susu dikenal mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa diantara nutrisi yang terkandung dalam susu adalah vitamin A dan vitamin D. Kedua vitamin ini sangat baik bagi kesehatan kulit dan mampu menghilangkan jerawat jika dikonsumsi secara rutin.


12. Oatmeal


Selain baik bagi kesehatan jantung, oatmeal juga dapat mengurangi munculnya jerawat karena mampu mengurangi kadar minyak dalam tubuh.


13. Alpukat


Buah kaya akan nutrisi ini mengandung vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi alpukat maka akan membantu membuat kulit menjadi lebih elastis dan lembut.


14. Semangka


Seperti namanya dalam bahasa inggris, watermelon, semangka mengandung banyak air. Air semangka tersebut dapat membantu membersihkan jerawat. Selain itu semangka juga mengandung vitamin C dan memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menghilangkan infeksi jerawat.


15. Air putih


Meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari dapat membantu kulit agar tetap terdehidrasi. Suplai cairan dalam tubuh penting untuk menghilangkan jerawat secara alami dan membantu meremajakan kulit.



Makanan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Perawatan Alami

Selain asupan makanan-makanan diatas, cara alami menghilangkan jerawat juga dapat dilakukan dengan melakukan perawatan luar menggunakan bahan-bahan alami.


1. Lemon


Cara pemakaian lemon adalah dengan mencampurkan sedikit perasan air dengan gula pasir. Gosokkan ramuan tersebut pada wajah agar jerawat menjadi cepat kering. Sebelum tidur, usapkan perasan air lemon baru ke permukaan kulit wajah menggunakan kain lembut.


2. Masker pepaya


Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah pepaya dengan menjadikannya sebagai masker. Cara membuatnya yaitu dengan menumbuk buah pepaya sampai halus kemudian dioleskan ke kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama seperempat jam kemudian basuh wajah dengan air hangat.


3. Es batu


Es batu dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat sehingga bengkak pada jerawat tidak menjadi semakin membesar. Bungkus es batu dengan kain tipis yang bersih dan tempelkan pada jerawat.


4. Madu


Madu terkenal sebagai makanan dengan berbagai khasiat. Untuk menghilangkan jerawat secara alami, setengah sendok madu dicampur dengan setengah butir putih telur lalu usapkan secara merata pada kulit wajah yang terkena jerawat.


5. Masker Mentimun


Selain dimakan, mentimun juga dapat diolah menjadi masker alami untuk menghilangkan jerawat secara alami. Haluskan mentimun memakai blender dan jangan buang airnya. tambahkan sedikit madu. Oleskan sebagai masker pada wajah lalu diamkan selama 15 menit. Bilas sampai bersih.


6. Masker Ampas Kopi


Kopi memang semakin dikenal untuk merawat kulit wajah. Selain untuk menghilangkan jerawat, kopi juga berguna untuk memutihkan kulit. Cara penggunaannya yaitu ambil biji kopi yang telah disangrai dan tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air hingga tumbukan biji kopi menjadi larut namun jangan sampai terlalu encer atau terlalu kental. Oleskan sebagai masker ke seluruh permukaan wajah hingga mengering lalu bilas.


7. Masker Kuning Telur


Kuning telur dapat mengobati jerawat hingga menghilangkan bekasnya. Caranya yaitu ambil 1 butir telur ayam dan buang bagian putihnya. Kocok hingga merata dan tambahkan madu untuk menghilangkan bau anyir. Usapkan secara merata di permukaan kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air hangat.


Cara cepat menghilangkan jerawat secara alami diatas memang telah dibuktikan oleh banyak orang. Untuk mengimbanginya, Anda dapat membiasakan pola hidup yang baik seperti segera mencuci tangan, kaki, dan muka setiap pulang ke rumah, beristirahat dengan cukup, serta hindari stres.


1 comment: