17 Rekomendasi Tempat Wisata Di Bali Yang Harus Dikunjungi


101dunia - Bali, sebuah pulau kebanggaan Indonesia yang menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia. Pesona alam dan budayanya membuat wisatawan tidak pernah merasa bosan untuk kembali berlibur disana. Pulau ini memiliki banyak tempat wisata dengan keindahannya masing-masing. 

Terdapat 17 tempat wisata di Bali yang harus Anda kunjungi, oleh karena itu akan sangat disayangkan jika Anda hanya berlibur sebentar di Bali.

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Bali yang harus Anda kunjungi:

1. Pantai Kuta

Tempat Wisata DI Bali - Pantai Kuta


Wisata pantai yang paling terkenal di Bali dari dulu hingga sekarang adalah Pantai Kuta. Walaupun saat ini telah ditemukan tempat wisata pantai lain di Bali, namun sepertinya belum lengkap jika Anda tidak mengunjungi Pantai Kuta. 

Biasanya Pantai Kuta adalah pantai pertama yang dikunjungi seorang wisatawan ketika berlibur ke Bali. Hal ini karena selain lokasinya dekat dengan bandara, Pantai Kuta juga memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. 

Sebelum diperuntukkan sebagai tempat wisata, dahulu Pantai Kuta adalah sebuah pelabuhan yang merupakan pusat perdagangan di Bali. Namun dengan pasirnya yang putih dan membentang sepanjang 7 km serta panorama laut biru yang mengagumkan, akhirnya sejak tahun 70an pantai ini dijadikan sebagai tempat wisata.

2. Tanah Lot

Tempat Wisata di Bali - Tanah Lot


Di Tanah Lot terdapat dua bangunan pura tempat peribadatan umat Hindu. Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah lokasi berdirinya kedua pura tersebut. Pura yang pertama dibangun diatas batu besar di sisi laut sedangkan pura yang lain didirikan diatas tebing yang menjorok ke laut. 

Panorama yang indah dapat dilihat ketika sore hari menjelang matahari terbenam. Bangunan pura yang berdiri seolah diatas laut dihiasi dengan perpaduan langit jingga dengan matahari yang hampir terbenam, membuat siapapun akan terpesona akan keindahan tempat wisata ini.

Di Tanah Lot juga terdapat seekor ular yang dikeramatkan oleh umat Hindu. Ular ini hanya dapat dilihat ketika air laut surut. Menurut kepercayaan setempat, ular yang cukup jinak itu adalah penjaga pura. 

3. Pantai Sanur

Tempat Wisata Di Bali - Pantai Sanur


Bagi Anda yang memiliki hobi menyelam, maka tempat wisata yang satu ini adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi. Selain menyelam, olahraga lain yang dapat dilakukan disini adalah snorkeling. Jika di Pantai Kuta dan Tanah Lot Anda akan menikmati sunset, maka di tempat ini Anda akan menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise. 

Salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise adalah sebuah pantai yang bernama Pantai Matahari Terbit. Setiap pagi sekitar pukul 5.30 Anda akan melihat para wisatawan di pantai ini yang menunggu untuk dapat menikmati sunrise. 

Jika Anda ingin menikmati pemandangan bawah laut namun tidak memiliki kemampuan berenang, jangan khawatir. Tempat wisata ini menyediakan kegiatan bawah laut untuk Anda yang tidak dapat berenang yaitu kegiatan seawalker. Di kegiatan ini Anda akan mengenakan sebuah helm kedap air dan menyelam di kedalaman 6 meter. Dengan begitu Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

4. Bedugul

Tempat Wisata Di Bali - Bedugul


Salah satu tempat wisata di Bali ini merupakan danau yang dikelilingi pegunungan dengan suasana alam yang asri. Di sisi danau tersebut terdapat sebuah pura yang bernama Pura Ulun Danu.

Bedugul terletak di Baturiti, Kabupaten Tabanan yang berjarak sekitar 63 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Waktu tempuh untuk mencapai tempat wisata ini kurang lebih 1 jam 15 menit dari bandara. 

Bedugul merupakan dataran tinggi, oleh karena itu tidak heran jika tempat ini memiliki hawa yang sejuk di siang hari dan teramat dingin di malam hari bahkan sering berkabut. 

5. Uluwatu

Tempat Wisata di Bali - Uluwatu


Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu Daerah Bali Selatan. Tempat wisata di Bali ini sangat terkenal di kalangan wisatawan dan direkomendasikan oleh semua pemandu wisata Bali. Pura Uluwatu dibangun diatas sebuah tebing yang sangat tinggi dan letaknya menjorok ke laut. 

Untuk mencapai pura ini kita akan memasuki daerah sakral, karena itu pengunjung diwajibkan untuk menutupi daerah pusar hingga lutut. Bagi Anda yang memakai celana pendek saat berkunjung kesini, maka penjaga pintu akan mewajibkan Anda untuk memakai sejenis kain sarung berwarna hitam putih.

Akses jalan untuk mencapai Pura Uluwatu dihuni oleh ratusan kera. Anda akan diingatkan oleh penjaga untuk tidak memakai kacamata atau aksesoris lain di kawasan ini, karena kera-kera tersebut jahil dan biasanya akan merebut barang-barang yang melekat di tubuh Anda.

Uluwatu juga menghadirkan kesenian tari khas Bali yaitu Tari Kecak. Keistimewaan tari kecak di Uluwatu dibandingkan dengan tempat wisata di Bali lainnya adalah pemandangan sunset indah yang menjadi latar belakang tari kecak tersebut.

Pemandangan sunset di tempat wisata ini tidak kalah menariknya dengan Pantai Kuta dan Tanah Lot, Anda yang memiliki hobi fotografi akan dimanjakan dengan panorama yang indah di tempat ini.

6. Pantai Seminyak

Tempat Wisata Di Bali - Pantai Seminyak


Tempat wisata di Bali lainnya yang harus dikunjungi untuk Anda pencinta sunset adalah Pantai Seminyak. Pantai yang disebut juga pantai Dhyanapura ini terletak di Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. 

Pantai Seminyak memiliki pasir pantai yang lembut dengan kemiringan pantai yang landai. Di pantai ini berjejer payung dan kursi pantai yang disediakan hotel-hotel di sekitarnya untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunset.

Biaya menginap di hotel atau makan di restoran di sekitar kawasan ini lebih mahal dibandingkan dengan kawasan Kuta atau Legian. Segmen pasar antara Kuta dan Seminyak pun berbeda, jika Kuta ditujukan untuk wisatawan yang mencari hiburan malam dan tempat menginap serta restoran yang murah maka Seminyak sebaliknya. 

Tempat wisata di Bali ini lebih diperuntukkan untuk wisatawan yang mencari tempat menginap yang dapat memberikan privacy lebih tinggi, tempat belanja yang menawarkan barang-barang yang unik dan tidak mudah didapat dengan harga yang relatif mahal. Maka dapat disimpulkan bahwa memang Seminyak adalah kawasan wisata kelas atas.

7. Pantai Dreamland

Tempat Wisata Di Bali - Pantai Dreamland


Tempat wisata di Bali ini terletak di bukit Unggasan sebuah lokasi yang terpencil di kawasan Bali Pecatu Graha. Untuk mencapai tempat ini akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit dari Pantai Kuta. Untuk yang baru pertama kali ke tempat ini maka disarankan agar tidak sendirian karena tempat ini cukup sulit ditemukan.

Pantai Dreamland memiliki pasir putih yang sangat indah. Karena letaknya yang terpencil maka pantai ini jauh lebih bersih dibandingkan Pantai Kuta. Perpaduan laut biru, pasir putih, dan celah tebing karang terjal merupakan panorama alam indah yang disuguhkan tempat wisata ini.

Pantai ini juga memiliki ombak laut yang cukup tinggi sehingga banyak peselancar yang melakukan hobi mereka disini. Wisatawan dapat menikmati sunset atau sekedar menonton peselancar yang asyik melakukan atraksi diatas laut.  

8. Pantai Padang Padang

Tempat WIsata Di Bali - Pantai Padang Padang


Pantai Padang Padang atau disebut juga Pantai Labuan Sait saat ini telah semakin menarik minat wisatawan mancanegara. Tempat wisata di Bali ini terletak di Jalan Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. 

Rute untuk mencapai pantai ini terbilang cukup mudah, Dengan menggunakan kendaraan bermotor, Anda hanya akan menghabiskan waktu tempuh selama 45 menit dari bandara Ngurah Rai.

Pantai Padang padang menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Dengan pasir putih dan air laut yang jernih, ombak tenang, siapapun akan takjub melihat pemandangan di tempat ini.

Karena keindahannya, tempat wisata ini pernah dipakai untuk syuting film Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh aktris papan atas Hollywood, Julia Roberts. 

9. Jimbaran

Tempat Wisata di Bali - Jimbaran


Lokasi Jimbaran sangat mudah untuk diakses karena jaraknya sangat dekat dari Denpasar ataupun bandara Ngurah Rai. Waktu tempuh dari Denpasar ke tempat ini sekitar 30 menit, sedangkan dari Bandara Ngurah Rai memakan waktu 10 menit.

Anda pecinta makanan laut atau seafood pasti akan dimanjakan di tempat wisata ini. Masyarakat sekitar Jimbaran berprofesi sebagai nelayan, oleh karena itu disini banyak restoran yang menyediakan seafood segar. 

Walaupun Anda sering menyantap hidangan laut, tetapi sensasinya akan sangat berbeda jika Anda makan malam di Jimbaran. Menyantap hidangan laut yang lezat diiringi suara gemuruh ombak akan memberikan kenangan yang sulit dilupakan, apalagi jika bersama orang yang Anda cintai.

10. Tanjung Benoa

Tempat Wisata Di Bali - Tanjung Benoa


Tanjung Benoa berada di ujung tenggara Pulau Bali, dan letaknya persis di sebelah kawasan Nusa Dua. Untuk dapat mencapai tempat wisata ini akan memakan waktu tempuh selama 35 menit dari Kuta dan jika dari Bandara Ngurah Rai akan memakan waktu sekitar 20 menit. 

Berbeda dengan tempat wisata di Bali lainnya, Tanjung Benoa adalah tempat dimana Anda dapat menikmati berbagai olahraga air. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini diantaranya adalah parasailing, jetski, snorkeling, scuba diving, dan flying fish.

Selain itu Anda dapat berkunjung ke Pulau Penyu menaiki glass bottom boat dimana Anda dapat melihat pemandangan bawah laut melalui kaca yang ditempatkan di lantai perahu. Teluk Penyu sendiri merupakan habitat penyu hijau yang sengaja dikelola secara swadaya oleh masyarakat Tanjung Benoa.

11. Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua


Pantai Nusa Dua sangat terkenal akan keindahannya yang mempesona. Dengan pasir putih dan air laut tenang yang berwarna biru, membuat wisatawan merasa betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan disini. 

Keindahan dan kebersihan areal pantai di tempat ini membuat banyak investor berlomba-lomba membangun hotel mewah. Sampai saat ini kebersihan di Pantai Nusa Dua masih sangat terjaga, hal ini karena pihak hotel menyadari bahwa kebersihan pantai inilah yang merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan.

Kawasan wisata ini termasuk kawasan elit. Turis yang menginap di hotel yang ada di sekitar Pantai Nusa Dua rata-rata berasal dari negara-negara di Eropa. Di pantai ini seorang wisatawan dapat berjemur tanpa harus merasa terganggu dengan adanya para penjual asongan, tukang pijat,dan lain-lain. Bahkan karena eksklusivitas dan kemewahannya, berbagai acara kenegaraan yang melibatkan tamu-tamu dari luar negeri sering diadakan di tempat ini. 

12. Pantai Lovina

Pantai Lovina


Salah satu tempat tujuan wisata di Bali yang terkenal unik adalah Pantai Lovina yang terletak di Desa Kalibukbuk, Buleleng. Lokasi tersebut dapat dicapai dengan memakan waktu selama 2 jam perjalanan.

Keunikan Pantai Lovina adalah pasirnya yang berwarna hitam. Selain itu, tidak sampai 1 km dari bibir pantai Anda dapat melihat ikan lumba-lumba yang banyak terdapat di tempat wisata ini. Lumba-lumba akan bermunculan antara jam 6 hingga jam 8 pagi. Berbagai atraksi dilakukan oleh lumba-lumba ini seperti melompat-lompat dan bersuara nyaring.

Penginapan yang terdapat di kawasan ini memasang harga yang bervariasi dari yang murah hingga yang relatif mahal. Bahkan ada penginapan yang menyediakan tontonan antraksi lumba-lumba yang memang sudah terlatih.

13. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa


Dahulu Pantai Pandawa disebut sebagai The Secret Beach karena lokasinya yang tersembunyi sehingga jarang yang mengetahui tempat wisata ini. Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan dan terletak dibelakang tebing-tebing terjal yang ditumbuhi semak belukar. 

Pantai Pandawa berjarak sekitar 3 kilometer dari Nusa Dua, dan akses menuju pantai ini terbilang cukup megah dengan adanya tebing buatan yang mengapit sisi kanan dan kiri jalan. 

Keindahan tempat wisata ini memang sangat mempesona. Pasirnya yang putih bersih, air laut yang jernih, serta suara debur ombak yang menenangkan, akan membuat Anda merasa rileks dan melupakan hiruk pikuknya suasana di kota.

14. Pura Besakih

Pura Besakih


Pura Besakih merupakan komplek pura yang terletak di Desa Besakih. Pura ini adalah tempat peribadatan umat Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun oleh seorang tokoh agama Hindu yang telah lama menetap di Pulau Jawa bernama Rsi Markandeya. 

Komplek Pura Besakih terdiri dari berbagai pura yaitu 1 pusat pura yang bernama Pura Penataran Agung Besakih yang dikelilingi oleh 18 pura pendamping. Selain itu juga terdapat 1 buah pura bernama Pura Basukian serta 17 pura lain.

15. Danau Batur

Danau Batur


Danau yang terletak di daerah Kintamani ini menawarkan keindahan panorama alam yang menakjubkan. Kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan udara yang segar karena terletak di kaki Gunung Batur. Perjalanan ke tempat wisata ini memakan waktu 2 jam dari Denpasar.

Gunung Batur ini tergolong gunung yang masih aktif, hal tersebut dapat dilihat dari keluarnya asap yang terkadang dapat terlihat dengan jelas. Pada tahun 1917 pernah terjadi sebuah letusan besar di Gunung Batur ini yang memakan korban ribuan nyawa.

Panorama alam yang indah di Danau Batur dapat menentramkan jiwa siapapun yang berkunjung kesini. Di kawasan ini pun banyak tersedia berbagai restoran untuk Anda bersantap siang.

16. Bali Art Center

Bali Art Center


Art Center di Bali ini merupakan komplek bangunan budaya dengan ciri khas arsitektural budaya Bali. Kompleks Taman Budaya ini dibangun oleh gubernur pertama Bali, Ida Bagus Mantra. Tujuan didirikannya tempat wisata ini adalah untuk mengenalkan keragaman budaya Bali ke seluruh dunia dan didirikan diatas tanah pribadi beliau dengan luas kurang lebih 14 hektar. 

Taman Budaya Bali merupakan tempat diselenggarakannya berbagai pentas kesenian setiap tahun. Pentas seni ini biasa diadakan pada bulan Juni-Juli setiap tahun sehingga pada periode tersebut tempat wisata Bali ini akan dipenuhi murid-murid sekolah ataupun perguruan tinggi karena bertepatan dengan masa liburan.

17. Desa Trunyan

Desa Trunyan


Salah satu tempat wisata di Bali yang memiliki keunikan tersendiri adalah Desa Trunyan. Desa ini bukan menawarkan keindahan panorama alam seperti lokasi lainnya melainkan keunikan proses mengurus mayat orang yang meninggal.

Mayat umat Hindu di Bali biasanya dikubur atau dibakar (Ngaben). Bahkan mayat yang telah dikubur pun pada akhirnya harus tetap dibakar. Namun berbeda dengan daerah lain pada umumnya, mayat orang yang meninggal di desa ini hanya diletakkan pada sebuah tempat khusus yang disebut "Seme Wayah". 

Mungkin Anda akan membayangkan bahwa tempat peletakan mayat tersebut akan berbau busuk, tetapi yang mengherankan adalah tidak tercium sedikit pun bau busuk dari mayat-mayat yang ada di tempat tersebut. 

Tempat wisata ini sangat sesuai bagi Anda pencinta budaya asli Bali.

Demikianlah 17 rekomendasi tempat wisata di bali yang harus dikunjungi, selamat berlibur.


0 comments:

Post a Comment