10 Sikap Mental Pengusaha Sukses


101dunia - Dengan berbagai latar belakang dan motivasi, banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang pengusaha. Ada yang ingin memiliki kesejahteraan dalam hidup, ada yang ingin memiliki kebebasan waktu, ada yang sudah merasa jenuh akan pekerjaan saat ini, bahkan ada juga yang ingin menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Tidak ada yang salah dengan berbagai alasan tersebut, karena semua hal yang bertujuan baik dan dilakukan dengan cara-cara yang baik maka tentu pada akhirnya akan menghasilkan kebaikan.


Ketika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, maka seseorang tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya. Hal apakah yang paling penting untuk disiapkan? Ternyata yang paling penting untuk disiapkan bukanlah uang, pengetahuan, keterampilan, link, atau yang lainnya. Yang paling penting untuk disiapkan adalah sikap mental. Mental seperti apakah yang diperlukan untuk menjadi seorang pengusaha sukses? Berikut ini adalah 10 sikap mental pengusaha sukses:

1. Pantang menyerah

Seorang pengusaha harus memiliki jiwa pantang menyerah. Perjalanan bisnis tidak akan selalu mulus sesuai rencana, seringkali terjadi hal-hal diluar dugaan dan diluar harapan. Ketika sesuatu hal yang buruk terjadi dalam perjalanan bisnis Anda, sikap pantang menyerah sangat diperlukan. Selalu bangkit dan mencoba lagi ketika terjatuh adalah suatu kewajiban bagi seorang pengusaha.

2. Kreatif

Pengetahuan saja tidak cukup untuk dapat membangun bisnis Anda. Yang lebih diperlukan dalam menjadi pengusaha adalah kreativitas Anda. Jika Anda kreatif, ketika muncul permasalahan dalam bisnis maka Anda akan selalu berusaha mencari solusi atas permasalahan tersebut. Seseorang yang kreatif akan selalu berusaha melakukan inovasi dalam perjalanan bisnisnya.

3. Risk taker

Risk taker berarti orang yang siap menghadapi resiko atas apa yang dia lakukan. Setiap bisnis memiliki resiko kegagalan. Ketika gagal, Anda mungkin akan kehilangan beberapa hal yang dipertaruhkan. Namun tidak ada yang sia-sia, karena dibalik kegagalan tersebut pasti ada sesuatu yang telah Anda dapatkan. Apakah itu ilmu, jaringan bisnis baru, sikap mental yang baru, atau yang lainnya. 

Sebelum mulai berbisnis, prediksi dan ukurlah resiko terburuk yang mungkin akan Anda alami. Siapkah Anda untuk menghadapi resiko tersebut? Jika tidak, pilihlah bisnis yang lain atau tetaplah bekerja di perusahaan orang lain.

4. Percaya diri

Sikap percaya diri sangat diperlukan dalam menjalankan segala sesuatu. Jangan memiliki sifat pesimis dan minder, percayalah bahwa diri Anda memiliki kemampuan dan memang pantas untuk mendapatkan kesuksesan. 

5. Memiliki motivasi yang kuat

Memiliki motivasi yang kuat berarti telah menentukan tujuan yang jelas, detail, dan terukur dalam hidup Anda. Tentukanlah apa yang menjadi motivasi bagi Anda, motivasi kuat yang dapat mengeluarkan kekuatan Anda yang tersembunyi, yang membuat Anda terus bergerak kedepan tanpa henti sampai akhirnya Anda berhasil.

6. Jujur

Kejujuran adalah hal yang paling penting untuk dimiliki. Hasil yang diperoleh dengan cara yang jujur akan lebih berkah bagi Anda dan keluarga. Kejujuran akan sangat berpengaruh bagi perjalanan bisnis Anda. Sekali Anda berbuat tidak jujur dan mencurangi rekan bisnis atau pelanggan, maka selamanya reputasi Anda sulit untuk dipulihkan kembali. Maka jadikanlah kejujuran sebagai harga mati.

7. Produktif dan berdedikasi tinggi

Siapapun yang memutuskan untuk berbisnis karena ingin memiliki waktu lebih luang dengan keluarga, maka hal tersebut tidak 100% benar. Perbedaan seorang pengusaha dan karyawan terletak pada produktivitas dan dedikasinya. Seorang pengusaha dituntut untuk selalu produktif setiap waktu. Sewaktu di rumah pun, dia masih harus mengerahkan pikiran untuk mencari tahu bagaimana cara yang lebih baik untuk membangun bisnisnya. 

0 comments:

Post a Comment