Teori Konspirasi Tentang Misteri Segitiga Bermuda


101dunia - Segitiga Bermuda adalah suatu julukan yang diberikan kepada suatu kawasan perairan laut yang membentang dari Pulau Bermuda, Florida, dan Puerto Rico. Daerah ini sangat terkenal karena diselimuti oleh misteri yang hingga kini belum terpecahkan.
 
Misteri Segitiga Bermuda

Daerah yang berbentuk segitiga di kawasan Laut Atlantik ini telah menjadi daerah tempat menghilangnya banyak perahu, kapal laut, bahkan pesawat terbang. Mereka semua menghilang dan kemudian muncul lagi tanpa awak penumpak dan kru mereka.

Seperti dkutip dari Therichest.com, misteri Segitiga Bermuda sejak puluhan tahun silam telah membuat munculnya berbagai teori konspirasi.

Teori Konspirasi Segitiga Bermuda - Faktor Kesalahan Manusia

Misteri Segitiga Bermuda

Alasan yang paling banyak diungkapkan oleh para ahli mengenai penyebab berbagai kecelakaan di kawasan Segitiga Bermuda adalah faktor kesalahan manusia. Namun demikian, tidak sedikit yang membantah teori ini.

Teori Konspirasi Segitiga Bermuda - Kompas Tidak Berfungsi

Misteri Segitiga Bermuda

Kompas yang tidak berfungsi secara normal sering dijadikan penyebab menghilangnya kapal atau pesawat di Segitiga Bermuda. Rusaknya kompas tersebut dikaitkan dengan kemunculan alien atau hal yang gaib di kawasan tersebut. Namun ilmu pengetahuan memberikan informasi bahwa kompas dapat menjadi tidak berfungsi di kawasan tertentu. Contohnya di daerah pegunungan gurun Gobi, kompas standar tidak dapat menunjuk ke utara. Hal ini juga berlaku untuk kawasan Segitiga Bermuda.

Teori Konspirasi Segitiga Bermuda - Pusaran Gulf Stream

Misteri Segitiga Bermuda

Gulf Stream adalah arus aliran utama laut yang membentang dari Teluk Meksiko ke Atlantik Utara melalui Selat Florida. Sifat arus tersebut lebih menyerupai aliran sungai dibandingkan laut, karena air mengalir dengan kecepatan mencapai 2,5 meter per detik. Dalam hitungan menit, setiap pesawat yang terjatuh atau kapal laut dapat terbawa berkilometer jauhnya dari tempat semula.

Teori Konspirasi Segitiga Bermuda - Gas Metana

Misteri Segitiga Bermuda

Sebuah teori mengatakan bahwa kejadian-kejadian di Segitiga Bermuda disebabkan oleh banyaknya gas metana yang ditemukan di dasar laut perairan tersebut. Berdasarkan penelitian, gelembung yang disebabkan oleh letusan metana dapat menenggelamkan kapal. Hal tersebut terjadi karena gas metana dapat meningkatkan kepadatan air dimana mereka mengapung. Kehilangan daya apung dapat terjadi tiba-tiba tanpa peringatan dan menyebabkan kapal tenggelam dengan cepat sehingga tidak sempat mengirimkan sinyal meminta bantuan.

Namun banyak yang membantah teori ini, karena gas metana juga banyak ditemukan di kawasan lain dan selama 15.000 tahun terakhir di kawasan ini tidak pernah ditemukan indikasi adanya gas metana dalam jumlah besar.

Teori Konspirasi Segitiga Bermuda - Anomali Pola Cuaca


Segitiga Bermuda seringkali mengalami siklon tropis yaitu badai dan angin topan yang kencang. Pola cuaca seperti itu juga diketahui dapat menghasilkan pusaran air yang besar dan kuat. Kondisi cuaca seperti itu dianggap sebagai salah satu penyebab menghilangnya pesawat dan kapal di daerah tersebut.

0 comments:

Post a Comment