Sejarah Istanbul


101dunia - Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang menjadi pusat sejarah, ekonomi, dan budaya negara ini. Memiliki jumlah penduduk sebanyak 13,9 juta jiwa, kota ini merupakan salah satu kota terbesar di dunia. Istanbul memiliki luas 5.343 km persegi dan merupakan kota lintas benua yaitu benua Eropa dan benua Asia yang membentang melintasi selat Bosphorus. Selat ini adalah salah satu perairan tersibuk di dunia, dari dulu hingga kini.


Istanbul didirikan oleh Sarayburnu sekitar tahun 660 SM dengan nama Byzantium, yang merupakan salah satu kota paling penting dalam sejarah peradaban manusia. Setelah sempat mengalami kehancuran, Byzantium didirikan kembali dengan nama Konstantinopel pada tahun 330 M. Selanjutnya kota ini sempat menjadi ibukota dari 4 kekaisaran yaitu Kekaisaran Romawi ((330-395 M), Kekaisaran Romawi Timur (395-1204 dan 1261-1453), Kekaisaran Latin (1204-1261) dan Kekaisaran Utsmaniyah (1453-1922). 

Kota ini memegang peranan penting dalam perkembangan penyebaran Kristen selama masa-masa Romawi dan Romawi Timur sebelum Utsmaniyah menaklukannya dan mengubahnya menjadi pertahanan Islam sekaligus ibukota kekhalifahan terakhir pada tahun 1453. 

Hal yang sangat memajukan penduduk kota ini adalah lokasinya yang sangat strategis. Terletak di jalur sutera, yang merupakan jaringan akses ke Eropa dan ke Timur Tengah, dan satu-satunya rute perjalanan laut antara Laut Hitam dan Mediterania. Namun sejak didirikannya Republik ini pada tahun 1923, pengaruh lokasi tersebut tidak begitu banyak.

Diabaikan oleh dunia selama periode peperangan didunia, akhirnya saat ini Istanbul berhasil merebut perhatian masyarakat dunia. Jumlah penduduk kota bertambah 10 kali lipat sejak tahun 1960 akibat kedatangan para migran sehingga batas kota pun diperluas untuk menampung mereka. Berbagai festival seni diadakan di penghujung abad ke-20, dan pembangunan infrastuktur berhasil menciptakan jaringan transportasi yang kompleks.

Jutaan turis datang ke kota ini setiap tahun, sehingga tidak heran bahwa akhirnya kota ini pernah dinobatkan sebagai Ibu Kota Budaya Eropa. Salah satu hal yang paling menarik perhatian para turis dunia adalah pusat sejarah kota ini yang separuhnya terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

0 comments:

Post a Comment