Penyebab Penyakit Jantung


101dunia - Sebelum semua terlambat, kita harus mengenali apa saja yang menjadi penyebab penyakit jantung. Dengan demikian resiko terkena penyakit jantung dapat diminimalisir.

Penyebab Penyakit Jantung

Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit jantung:

Penyebab Penyakit Jantung - Merokok

Seorang perokok memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit jantung. Kandungan karbon monoksida dan nikotin dapat menyebabkan munculnya gumpalan darah serta memacu jantung untuk bekerja lebih cepat sehingga jantung semakin terbebani.

Penyebab Penyakit Jantung - Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup tidak sehat seperti sering bergadang, kurang berolahraga, sering mengkonsumsi makanan berlemak, dan jarang mengkonsumsi buah-buahan akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu segera ubah pola hidup Anda menjadi lebih baik.

Penyebab Penyakit Jantung - Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol jahat (LDL) mudah menjadi gumpalan dan menempel pada dinding pembuluh darah. Karena itu kadar LDL yang tinggi dalam darah akan membentuk plak yang menyebabkan aterosklerosis. Kadar LDL yang normal dalam darah adalah dibawah 100 mg/dl.

Penyebab Penyakit Jantung - Hipertensi

Orang yang menderita hipertensi atau darah tinggi adalah mereka yang memiliki tekanan darah diatas 140/90 mmHg. Dengan tekanan darah yang tinggi maka jantung akan bekerja lebih keras dan pembuluh darah akan terbebani. Untuk menghindari tekanan darah tinggi maka kita harus mengurangi konsumsi garam yang berlebih.

Penyebab Penyakit Jantung - Diabetes

Kandungan gula darah yang tinggi didalam darah dapat menyebabkan penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga berpotensi menghambat aliran darah. Oleh karena itu penderita penyakit diabetes memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit jantung.

Penyebab Penyakit Jantung - Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih berpotensi mengidap hipertensi, memiliki kadar kolesterol tinggi, dan lebih beresiko terkena diabetes. Dengan demikian mereka juga memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung. Beraktivitas dengan tubuh yang mengidap obesitas maka beban jantung akan lebih berat dibandingkan dengan aktivitas yang dilakukan oleh orang bertubuh ideal.

Penyebab Penyakit Jantung - Riwayat Keluarga

Jika memiliki ayah, ibu, adik, atau kakak yang mengidap penyakit jantung maka Anda memiliki resiko tinggi untuk mengidap penyakit yang sama.


0 comments:

Post a Comment