Pengobatan Penyakit Jantung


101dunia - Jika seseorang telah mengidap penyakit jantung maka harus segera ditangani secara medis. Berbagai cara penanganan medis dilakukan tergantung kondisi dari jantung pasien tersebut. Kondisi yang berbeda maka antara satu pasien dengan pasien yang lain menyebabkan penanganan yang berbeda pula. 


Jika penyakit jantung yang diderita tidak terlalu parah maka dokter masih dapat menyarankan untuk mengkonsumsi obat-obat tertentu. Namun jika penyakit jantung dalam kondisi yang lebih serius maka pengobatan penyakit jantung harus dilakukan melalui operasi.

Pengobatan Penyakit Jantung - Obat-obatan

Statin - Obat ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat menghambat perkembangan penyakit jantung. Beberapa jenis obat ini diantaranya adalah simvastatin, pravastatin, dan atorvastatin.

Antiplatelet - Diminum untuk mencegah penggumpalan darah yang menyebabkan serangan jantung. Jenis yang biasa digunakan umumnya adalah aspirin dosis rendah, ticagrelor, clopidogrel, dan prasugrel.

Beta-blockers - Obat ini dikonsumsi agar laju denyut jantung akan berkurang dan aliran darah akan menjadi lebih lancar. Dengan aliran darah yang lancar maka beban jantung akan berkurang sehingga serangan angina (angin duduk) dapat dihindari. Jenis-jenis beta blockers meliputi atenolol, bisoprolol, metoprolol, dan propranolol. 

Calcium Channel Blockers - Obat yang berfungsi untuk membuat dinding pembuluh darah melebar sehingga aliran darah ke jantung meningkat.

Obat Nitrat - Memiliki cara kerja yang sama dengan Calcium Channel Blockers, obat ini tidak hanya berbentuk tablet tapi juga dapat digunakan dalam bentuk gel, semprot, dan koyo. Jenis yang biasa digunakan pada umumnya adalah gliseril trinitrat dan isosorbide mononitrate.

Ivabradine - Ada pasien tertentu yang tidak boleh mengkonsumsi calcium channel blockers, misalnya karena menderita infeksi paru-paru. Untuk mereka dokter memberikan Ivabradine untuk mengurangi beban jantung dengan cara memperlambat frekuensi denyutnya.

Nicorandil - Memiliki fungsi yang sama dengan calcium channel blockers, yaitu memperlancar aliran darah ke jantung dengan cara memperlebar diameter pembuluh darah.

Ranolazine - Obat ini bekerja dengan cara merilekskan otot jantung tetapi tidak mempengaruhi kecepatan denyut jantung atau pembuluh darah.

Pengobatan Penyakit Jantung - Operasi

Jika obat-obatan sudah tidak efektif untuk mengobati penyakit jantung seseorang maka dokter akan melakukan tindakan operasi.

Intervensi Jantung Perkutan atau PCI (Percutaneous Coronary Intervention)

Tindakan ini bertujuan untuk memperlebar arteri jantung yang telah mengalami penyempitan. Prosedurnya dilakukan dengan memasukkan cincin atau biasa disebut ring ke arteri jantung yang menyempit melalui proses angiografi koroner atau kateterisasi jantung.

Proses kateterisasi dilakukan dengan memasukkan kateter melalui pembuluh darah setelah sebelumnya Anda dokter membius Anda terlebih dahulu. Alat perekam film yang berupa sinar x akan bergerak untuk mengambil film agar dapat memperoleh gambaran koroner Anda dari berbagai sudut. Setelah semua gambar terekam dengan baik maka dokter akan mengeluarkan kateter dari tubuh Anda. Prosedur terakhir yaitu pencabutan selongsong yang dimasukkan kedalam pembuluh darah Anda dan pembuluh darah akan ditekan untuk menghentikan pendarahan. 

Bedah Bypass Arteri Jantung

Bedah Bypass adalah penanaman pembuluh darah dari anggota tubuh lain untuk membuka rute baru bagi aliran darah ke jantung sehingga kebutuhan darah tercukupi. Tindakan ini disarankan untuk mereka yang mengalami lebih dari dua penyempitan pembuluh darah atau mereka yang menderita diabetes. 

Berbagai langkah pengobatan penyakit jantung tersebut akan menyebabkan pasien mengalami penderitaan, baik dengan memberi obat-obatan ataupun operasi. Dengan adanya rasa sakit yang dialami serta biaya yang tidak sedikit maka alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan sebelum harus mengobati.

0 comments:

Post a Comment