Pencegahan Penyakit Jantung


101dunia - Penyakit jantung telah menjadi momok menakutkan bagi mereka yang ingin hidup sehat. Ketakutan itu bukan tidak beralasan, karena hingga kini penyakit tersebut masih memegang peringkat tertinggi sebagai penyakit yang paling banyak membunuh manusia. Ketika orang menderita penyakit jantung maka penderitaannya segera dimulai, Berbagai gejala segera dirasakan dan biaya pengobatan pun terus membengkak.

Mencegah Penyakit Jantung

Karena itu alangkah baiknya jika Anda mencegah penyakit jantung sejak dini. Berikut ini adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung:

Pencegahan Penyakit Jantung - Berhenti Merokok

Asap rokok memiliki zat-zat yang berakibat buruk untuk kesehatan jantung Anda. Seorang perokok berat tidak menyadari adanya penyempitan pembuluh darah menuju jantungnya hingga dia mulai merasakan gejala awal penyakit jantung. Karena itu sebaiknya Anda segera berhenti merokok sebelum aliran darah Anda terhenti.

Pencegahan Penyakit Jantung - Sarapan Bubur Gandum

Gandum mengandung beta-glucan, serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat penyebab sakit jantung. Beta-Glucan ini membentuk gel tebal seperti pasta yang mengikat kolesterol dalam usus dan mencegah penyerapan kedalam aliran darah. Menurut para ahli, 3 gram beta-glucan per hari dapat menurunkan kolesterol sebesar 5 hingga 10%.

Pencegahan Penyakit Jantung - Membersihkan Gigi Secara Teratur

Penyakit gusi memiliki kaitan yang kuat dengan pengerasan arteri dan serangan jantung. Bakteri yang menyebabkan peradangan pada gusi juga diketahui dapat menyebabkan penyakit jantung. Dokter dan para ahli menyarankan untuk menyikat gigi secara teratur bahkan menggunakan benang gigi (dental floss) agar semua kotoran dapat dibersihkan.

Pencegahan Penyakit Jantung - Bercinta Dua Kali Seminggu

Pria yang melakukan hubungan seks setidaknya dua kali seminggu, memiliki peluang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang melakukannya 1 bulan sekali atau lebih rendah dari itu. "Hal ini mungkin karena manfaat fisik dan emosional, serta pengurangan stres." kata salah satu ahli penyakit jantung, Dr. Aseem Malhotra.

Pencegahan Penyakit Jantung - Biasakan Tidur Dalam Kegelapan

Pastikan Anda tidur didalam kamar yang gelap atau memakai penutup mata. Karena cahaya menekan produksi hormon tidur melatonin. Kurangnya hormon tidur ini akan membuat peluang Anda terkena penyakit ini menjadi lebih besar.

 Pencegahan Penyakit Jantung - Kurangi Konsumsi Gula

Dr. James Dinicolantio, seorang peneliti kardiovaskular di St. Luke Mid America Heart Institute, mengatakan, "Mendorong konsumen untuk mengatakan tidak pada gula, bukan garam, mungkin strategi diet yang lebih baik untuk mencapai kontrol tekanan darah." Tekanan darah yang tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung.

Pencegahan Penyakit Jantung - Berlibur ke Tempat yang Cerah

Para peneliti di University of Pittsburgh, Amerika mengatakan bahwa pergi berlibur secara teratur dapat mengurangi sepertiga resiko kematian akibat penyakit jantung. Universitas-universitas di Southhampton dan Edinburgh menemukan bahwa sinar matahari mengubah kadar oksida nitrat yang merenggangkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Pencegahan Penyakit Jantung - Biasakan Menyantap Yoghurt

Sebuah teori mengatakan bahwa bakteri baik dapat melawan proses inflamasi terkait dengan penyakit jantung. Bakteri baik diantaranya dapat ditemukan didalam Yoghurt. Karena itu menurut sebuah penelitian di Institut Kesehatan Griffith dan School of Medicine di Australia, dosis harian "bakteri baik" didalam Yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Pencegahan Penyakit Jantung - Menonton Film Komedi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tertawa memiliki efek penghilang stress sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Karena dengan tertawa maka akan meningkatkan aliran darah lebih dari 20%.

Pencegahan Penyakit Jantung - Hilangkan Kebiasaan Menunda Buang Air Kecil

Studi terhadap orang berpenyakit jantung di Taiwan menunjukkan bahwa kandung kemih yang terlalu penuh dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan mengakibatkan tekanan yang tidak perlu pada arteri sehingga memicu mereka untuk berkontraksi.

Pencegahan Penyakit Jantung - Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk selama 8 jam sehari meningkatkan resiko terkena serangan jantung, kanker, dan diabetes sebesar 40%. John Buckley, seorang profesor ilmu olahraga terapan di Chester University, menganjurkan untuk tidak duduk selama lebih dari 4 jam. "Maksimal duduk selama 2 jam dan diiringi berdiri selama 30 menit" katanya.

0 comments:

Post a Comment