Misteri Piramida Giza


101dunia - Sampai dengan saat ini misteri tentang Piramida Giza selalu menyenangkan untuk dibicarakan. Membicarakan Piramida Giza berarti membicarakan kebudayaan bangsa mesir kuno. Dan hingga saat ini belum ada satupun ahli yang dapat memberikan jawaban pasti atas segala pertanyaan yang menyelimuti bangunan bersejarah tersebut.

Misteri Piramida Giza

Piramida Giza adalah piramida terbesar dan tertua diantara 3 bangunan piramida yang terletak di Nekropolis, Giza. Bangunan ini adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia. Berdasarkan manuskrip yang pernah ditemukan ratusan tahun yang lalu, dipercaya bahwa piramida ini dibangun untuk memakamkan fir'aun (kaisar) dinasti ke empat bernama Khufu. Belakangan berhembus informasi bahwa manuskrip tersebut palsu.

Misteri Piramida Giza

Seorang Egyptologis menemukan bahwa manuskrip yang ditemukan pada tahun 1837 tersebut palsu, dan baru dilukis pada bulan Mei tahun itu. Hal ini terungkap setelah ada surat dari Allen Pitsburg yang menyatakan bahwa kakek moyangnya lah yang melukis skrip tersebut. Egyptologis yang menganalisa manuskrip tersebut membenarkan bahwa tulisan itu palsu. Hal yang menguatkan adalah adanya kesalahan penulisan dari Khufu menjadi Rhufu dimana tidak mungkin masyarakat Mesir Kuno membiarkan kesalahan penulisan nama raja yang mereka agungkan.

Banyak ahli yang mengemukakan teori tentang Piramida Giza, namun pada tahun 2010 seorang dekan fakultas arkeologi universitas Kairo, Prof. Dr. Alaa Shahein mengeluarkan pernyataan yang sangat kotroversial. Dia mengatakan. "Teori tentang pembangunan Piramida Giza dibantu oleh alien, mungkin saja benar."

Pernyataan tersebut ia ungkapkan dalam sebuah konferensi internasional yang membahas tentang teknologi bangsa mesir kuno (The First International Conference on Ancient Egypt Science, 24-26 April 2010). Ketika ditanya oleh seorang utusan dari Polandia, apakah di bangunan tersebut masih ada sisa-sisa peninggalan alien atau UFO, dia menjawab, "Saya tidak bisa mengkonfirmasi atau menyangkal hal tersebut, tetapi ada sesuatu didalam piramida itu yang bukan berasal dari dunia ini."

Banyak orang yang mempercayai bahwa Piramida Giza dibuat atas bantuan alien yang memiliki teknologi yang jauh lebih maju dibandingkan teknologi manusia saat itu. Fakta yang mendukung opini tersebut diantaranya adalah.

  • Piramida Giza dibuat dengan menggunakan 2.500.000 blok batu padat yang ukurannya simetris sempurna.
  • Setiap batu memiliki berat antara 2,5 hingga 10 ton dan batu-batu tersebut cukup untuk membangun 25 unit Empire State Building.
  • Tidak ada mumi ditemukan didalam ruangan manapun didalam Piramida Giza.
  • Dengan teknologi konstruksi yang modern seperti saat ini pun adalah suatu prestasi yang luar biasa jika bangunan tinggi yang dibuat hanya mengalami deviasi sebesar 15 cm. Namun Piramida Giza yang dibuat ribuan tahun lalu hanya mengalami deviasi sebesar 0,75 cm. 
  • Susunan blok batu tertata sedemikian sempurna sehingga mustahil untuk menyelipkan pisau silet diantara dua buah batu dalam rangkaian Piramida.
  • Hal yang tidak kalah mengagumkan adalah orientasi geografis dari bangunan Piramida. Sisi-sisinya sangat sempurna dalam menunjukkan Utara - Selatan dan Barat - Timur. 
  • Jika menggunakan tenaga manusia, tidak mungkin Piramida Giza dibuat selama 20 tahun seperti apa yang selalu dikatakan oleh para ahli. Jika Piramida Giza dibangun selama 20 tahun maka setiap batu yang beratnya sekitar 2,5 sampai 10 ton harus diletakkan dalam waktu tepat 3,5 menit. Pengerjaannya dilakukan terus menerus selama 24 jam setiap hari. Sampai saat ini umat manusia tidak memiliki teknologi untuk menyusun batu besar seberat itu dalam waktu 3,5 menit, apalagi ketika harus menyusun batu ke tempat yang lebih tinggi.
  • Para ahli selalu ingin kita mempercayai bahwa blok batu dipindahkan dengan menggunakan gelondongan kayu. Tapi tahukah Anda bahwa pohon besar yang ada di daerah dinasti saat itu adalah pohon kurma. Jika memang pembangunan itu menggunakan gelondongan kayu, maka dapat dibayangkan berapa banyak dinasti saat itu harus mengimpor kayu dari daerah lain. 
  • Penemuan terbaru menyebutkan bahwa blok batu terbuat dari konsentrat atau melalui proses cetakan dan bukan dengan memahat batu pegunungan.
  • Piramida Giza dianggap sebagai salah bangunan bersejarah paling panting dari kebudayaan mesir kuno. Namun kenapa hingga sekarang tidak pernah ditemukan satu pun catatan atau manuskrip tentang proses pembuatan bangunan tersebut? Padahal bangsa Mesir Kuno selalu meninggalkan catatan sejarah tentang kehidupan mereka sejak 4000 tahun lalu.
Dengan demikian muncul sebuah pertanyaan tentang misteri Piramida Giza, jika bukan bangsa Mesir Kuno yang membangun bangunan ini, lalu siapakah? Apakah mungkin bangsa Mesir Kuno juga mewarisi Piramida Giza dari kebudayaan maju yang jauh lebih kuno? Atau... Apakah alien?

Baca juga:

0 comments:

Post a Comment