Makanan Dari Turki Yang Harus Dicoba


101dunia - Banyak hal yang menarik dari negara Turki. mulai dari kebudayaannya, hingga makanan khasnya. Jika Anda berkunjung ke negara ini, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Memang sebagian besar makanan khas Turki juga bisa diperoleh di negara lain termasuk Indonesia. Tapi tentu rasa dan sensasinya akan sangat berbeda apabila kita menyantap makanan tersebut di negara asalnya.

Baca juga; Rahasia Kecantikan Wanita Turki

Kokoretsi



Kokoretsi adalah makanan yang terbuat dari usus kambing atau domba yang dililit membungkus organ dalam lalu dibakar. Usus yang menjadi bahan makanan ini biasanya usus anak domba yang masih menyusu. Daging jeroan yang dipakai meliputi hati, ginjal, jantung, dan pangkreas. Bahan-bahan tersebut dipotong terlebih dahulu dan dibumbui dengan air perasan lemon, minyak zaitun, garam, lada, dan oregano. Jeroan ditusuk seperti sate menggunakan tusukan panjang, dan usus yang sudah dibersihkan dililitkan menutupinya hingga rapat dan membentuk gulungan. Gulungan tersebut dipanggang diatas api atau pemanggang listrik, setelah matang dipotong dan disajikan dengan ditaburi oregano.

Kebab Turki




Kebab Turki adalah makanan berupa daging panggang yang diiris tipis lalu disajikan dengan cara digulung dengan tortila. Disajikan bersama sayuran berupa tomat, bawang bombay, mentimun, selada, mayonaise dan saus sambal. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, kambing, atau ayam. Di Indonesia sendiri makanan ini cukup mudah diperoleh, karena ada sebuah perusahaan yang menjadikannya usaha waralaba dan hingga saat ini cukup banyak peminatnya.

Baklava




Baklava adalah roti lapis berisi kacang dan dibalur madu atau sirup sebagai pemanis.  Roti ini dibuat dengan menupuk adonan roti tipis dalam loyang besar lapis demi lapis, dioles mentega cair dan kacang antar setiap lapis. Sebelum dipanggang, adonan Baklava dipotong dipotong terlebih dahulu sehingga berbentuk persegi. Setelah matang, baklava disiram dengan madu atau sirup dan dibiarkan hingga meresap kedalam lapisannya. Baklava sangat mudah ditemukan di Turki, baik di kafe setempat ataupun supermarket. Hal ini karena penduduk Turki sangat menyukai roti yang disantap sebagai cemilan ataupun makanan pokok.

Turkish Delight


Turkish Delight disebut juga Lokum adalah manisan asal Turki yang dibuat dengan bahan dasar gel pati dan gula. Manisan ini biasanya disajikan dalam potongan=potongan kecil dengan bentuk kubus atau bundar. Terdiri dari berbagai macam warna, cemilan ini biasa disajikan dengan makanan kecil lain seperti potongan kurma dan kacang-kacangan. Rasanya pun bermacam-macam karena menggunakan berbagai macam perasa seperti lemon, mint, dll. Bukan hanya di Turki, manisan ini juga banyak dikonsumsi di negara lain di Eropa dan Amerika.

Dondurma




Dondurma adalah es krim khas Turki dengan tekstur yang liat dan sangat lengket seperti permen karet. Bahan dasarnya adalah susu, gula, salep, dan mastic (bahan yang membuat kenyal terbuat dari getah tumbuhan). Anda dapat menemukan es krim ini di kios-kios atau gerobak di pinggir jalan kota di Turki. Hal yang menarik adalah karena lengket dan liatnya makanan ini maka jangan heran apabila pada saat Anda hendak membeli tiba-tiba sang penjual akan mengerjai Anda dengan atraksi es krimnya.

0 comments:

Post a Comment