Kekaguman Dunia Atas Kejayaan Turki


101dunia - Sejak 10 tahun yang lalu Truki mengalami kebangkitan yang fenomenal. Dibawah kepemimpinan Recep Thayyip Erdogan yang kini menjadi presiden Turki, Pembangunan Turki kian bergeliat di berbagai bidang. Ekonomi dan pendidikan di Turki berkembang secara mengagumkan. Selain itu kekuatan militer Turki pun semakin diperhitungkan dengan penguatan alutista yang kecanggihannya tidak kalah dengan negara maju.


Menurut berbagai sumber, dibawah kepemimpinan Erdogan, Turki telah melakukan lompatan Ekonomi yang jauh yaitu dari peringkat 111 menjadi peringkat 16 dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 10% per tahun. Hal ini berarti Turki telah menjadi salah satu dari 20 negara besar terkuat (G-20) di dunia. Padahal sebelum era Erdogan, Turki tenggelam dalam keterpurukan di segala bidang. Tidak salah bahwa kini Turki telah menyita perhatian dan kekaguman dunia.

Ihsan Al Faqih seorang penulis Yordania mencatat beberapa kemajuan Turki sebagai berikut:
  1. Produk Domestik Nasional Turki di tahun 2013 mencapai 100M USD.
  2. Erdogan telah mencanangkan tahun 2023 sebagai tahun pembangunan Negara Turki Modern denagn target bahwa Turki menjadi kekuatan politik dan ekonomi nomor 1 di dunia.
  3. Bandara internasional Istanbul adalah bandara terbesar di Eropa yang menampung 1.260 pesawat setiap hari.
  4. Turkish Airline meraih peringkat maskapai penerbangan terbaik di dunia dalam 3 tahun berturut-turut.
  5. Dalam kurun waktu 10 tahun, Turki telah menanam 770 juta pohon Harjia dan berbuah.
  6. Turki memproduksi sendiri tank baja, pesawat terbang dan pesawat tempur tanpa awak, serta satelit militer modern pertama yang multi fungsi.
  7. Hanya dalam kurun waktu 10 tahun, Turki telah mendirikan 125 universitas baru, 189 sekolah baru, 510 rumah sakit baru dan 169.000 kelas baru yang modern, sehingga setiap kelas hanya menampung tidak lebih dari 21 orang murid.
  8. Ketika negara-negara lain di Eropa dan Amerika mengalami krisis ekonomi dan menaikkan biaya kuliah, Erdogan justru membebaskan seluruh biaya kuliah dan sekolah bagi rakyatnya.
  9. Pendapatan perkapita penduduk Turki meningkat dari sebelumnya yang hanya sebesar 3500 USD per tahun menjadi 11.000 USD per tahun. Jumlah ini lebih tinggi dari pendapatan perkapita penduduk Perancis. Nilai tukar mata uang Turki pun meningkat hingga 30 kali lipat.
  10. Turki membiayai 300 ribu ilmuwan melakukan penelitian dalam rangka menuju tahun 2023.
  11. keberhasilan politik Turki diantaranya adalah mendamaikan dua bagian Cyprus yang bertikai, melakukan pembahasan damai dengan partai Buruh Kurdistan untuk menghentikan pertumpahan darah, dan meminta maaf kepada Armenia sehingga permasalahan yang sudah menggantung sejak 6 dasawarsa lalu akhirnya selesai.
  12. Gaji dan upah meningkat mencapai 300%. Gaji pegawai baru meningkat, dari 340 Lira menjadi 957 Lira. Jumlah pncari kerja menurun dari 38% menjadi 2%.
  13. Anggaran pendidikan dan kesehatan melampaui anggaran pertahanan dan gaji guru disana sama dengan gaji seorang dokter.
  14. Telah membangun 35 ribu laboratorium IT dan data base modern yang melatih pemuda-pemuda Turki.
  15. Turki berhasil melunasi pinjaman ke IMF dan bahkan meminjamkan dananya ke IMF sebesar 5 Milyar USD. Cadangan devisa negara bertambah sebesar 100 Milyar USD.
  16. Nilai ekspor turki 10 tahun lalu yang hanya sebesar 23 Milyar USD, sekarang telah meningkat menjadi 153 Milyar USD dan mencapai 190 negara. Barang yang paling banyak diekspor adalah mobil dan yang kedua barang elektronik.
  17. Turki mengolah sampah menjadi pembangkit tenaga listrik yang digunakan oleh sepertiga penduduk Turki. Saat ini energi listrik sudah dapat dinikmati oleh 98% penduduk Turki.
  18. Pengajaran Alquran dan Hadits di sekolah-sekolah negeri kembali dihidupkan setelah selama hampir 90 tahun pelajaran ini ditiadakan.

0 comments:

Post a Comment