Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung


101dunia - Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini telah merenggut nyawa banyak orang di berbagai belahan dunia. Banyak orang tidak mengetahui ciri dan gejala penyakit jantung sehingga tidak menyadari bahwa sebenarnya dia sudah mengidap penyakit jantung. Oleh karena itu sering terjadi kematian tiba-tiba ketika seseorang sedang melakukan aktivitas sehari-hari.


Penyakit jantung perlu dikenali agar kita dapat mewaspadainya sehingga dapat mengambil tindakan sedini mungkin. Sama seperti penyakit lainnya, orang yang menderita penyakit jantung pun biasanya mengalami gejala-gejala tertentu. Walaupun beberapa ciri tersebut sama dengan ciri penyakit lainnya, tetapi ada juga ciri tertentu yang membedakannya dengan penyakit yang lain. Berikut ini adalah ciri dan gejala penyakit jantung yang perlu dikenali:

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Sakit Kepala

Seseorang yang menderita penyakit jantung seringkali merasakan sakit pada bagian kepala apabila terkena sinar matahari. Dan menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Eurology, sakit kepala yang dialami oleh penderita penyakit jantung bisa terjadi akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah. Oleh karena itu para wanita yang seringkali mengalami migrain harus segera melakukan pengecekan kondisi kesehatan jantungnya.

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Nyeri Dada

Nyeri dada pada penderita penyakit jantung terjadi karena penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh. Bukan hanya terjadi pada pengidap penyakit jantung, nyeri dada juga dapat terjadi karena penyakit lainnya. Oleh karena itu jika Anda merasakan nyeri dada maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Sakit Di Bagian Tubuh

Arteri yang tersumbat menyebabkan sakit pada bagian tubuh tertentu. Seorang wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanan. Sedangkan pada pria, bagian tubuh yang akan mengalami rasa sakit selain tangan bagian kiri adalah bahu, punggung siku, dan leher yang datang dan pergi sewaktu-waktu.

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Mudah Merasa Lelah

Salah satu ciri penyakit jantung adalah penderita akan mudah merasa lelah walaupun baru bangun tidur ataupun sama sekali tidak melakukan aktivitas berat.

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Sesak Nafas

Pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang disalurkan ke seluruh bagian tubuh dapat menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung, penebalan pada otot jantung, dan kelainan pada katup jantung. Hal ini biasanya diiringi dengan sesak nafas.

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Rasa Mual

Penderita penyakit jantung akan merasa mual sehingga menurunkan nafsu makan. Sebelumnya yang terjadi adalah pembengkakan perut namun pada akhirnya perut bagian dalam merasakan mual.

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Rasa Cemas Berlebihan

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah rasa cemas berlebihan. Terlebih lagi apabila orang tersebut pernah mengalami serangan jantung. Rasa cemas ini harus diredam, karena dapat menjadi pemicu serangan jantung berikutnya. Karena itu sikap tenang dan berpasrah diri sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit jantung.

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Pembengkakan

Ciri selanjutnya yaitu terjadinya pembengkakan pada tubuh bagian tertentu seperti perut atau pergelangan kaki. Penyebabnya adalah terjadi penumpukan cairan pada bagian tersebut. 

Ciri Dan Gejala Penyakit Jantung - Keluar Keringat Berlebih

Jika tubuh mengeluarkan keringat sedangkan Anda tidak melakukan aktivitas berat atau tidak kepanasan, maka Anda harus mewaspadai adanya penyakit ini.

Jika Anda mengalami salah satu dari sekian ciri-ciri tersebut diatas jangan panik, karena bisa saja bukan penyakit jantung. Langkah yang harus segera dilakukan adalah segera memeriksakan diri Anda ke dokter. 

Langkah pencegahan jauh lebih baik dibanding langkah pengobatan, karena itu mulailah melakukan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, hindari makanan berkolesterol tinggi, dan menyantap makanan bergizi seimbang. 

0 comments:

Post a Comment