Cara Memulai Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil


101dunia - Bisnis dengan sistem waralaba dari hari ke hari semakin banyak diminati. Menariknya bisnis ini, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus terkait dengan bisnis ini. Selain itu modal yang diperlukan pun bervariatif, mulai dari bisnis dengan modal dibawah Rp10 juta hingga puluhan milyar rupiah. Oleh karena itu sistem seperti ini sangat menarik minat para karyawan yang ingin memiliki bisnis sendiri.


Cara Memulai Bisnis Waralaba


Jika Anda ingin memulai bisnis waralaba, maka berikut ini adalah tips untuk mempertimbangkan bisnis tersebut masak-masak. Karena seorang pebisnis tidak boleh bermain-main dalam memulai usaha melainkan harus dengan penuh dedikasi dan pengorbanan. Tanpa adanya dedikasi dan pengorbanan maka sebuah bisnis tidak akan berkembang. 

Untuk memiliki peluang lebih besar dalam meraih kesuksesan bisnis waralaba Anda, berikut ini adalah cara memulai bisnis waralaba dengan modal kecil:

Kenali Diri Anda

Bisnis yang akan berjalan dengan baik adalah bisnis yang sesuai dengan karakter diri Anda. Kenali dulu diri Anda. Apakah anda seorang food lover? Makanan apa yang sangat Anda sukai? Apakah selera Anda tersebut juga sama dengan selera orang pada umumnya? Jika iya, maka mulailah mencari jenis waralaba yang menjual makanan. Sebelum menentukan pilihan, cicipi dahulu makanan yang dijual waralaba tersebut. Jika menurut Anda makanan tersebut lezat, maka mulailah tahap selanjutnya

Kenali Waralaba Tersebut

Tahap selanjutnya adalah melakukan sedikit analisa terhadap usaha waralaba tersebut. Silahkan cari tahu berapa lama usaha waralaba tersebut berjalan dan sudah berapa banyak cabangnya. Apabila sudah lebih dari 3 tahun dan memiliki ratusan cabang di berbagai kota berarti waralaba tersebut layak dipilih.

Biaya Modal

Pilihlah waralaba sesuai dengan modal yang Anda miliki. Usahakan jangan sampai berhutang, karena sebagai pemula berarti Anda belum terlalu menguasai bisnis tersebut. Hal yang paling harus diperhitungkan adalah biaya sewa tempat. Jangan sampai omset penjualan tidak menutupi biaya sewa tempat. Konsultasikan perhitungan bisnis Anda dengan franchisor Anda. Jika dia tidak dapat memberikan perhitungan yang masuk akal dan asumsi-asumsi penjualannya terlalu optimis, jangan terburu-buru menentukan pilihan. Pertimbangkan lagi dan lakukan analisa sendiri, sesuaikan dengan keadaan pasar yang sebenarnya. Jika sudah sangat memahami perhitungan bisnis tersebut maka silahkan ambil keputusan.

Kembangkan Bisnis Anda

Jika bisnis waralaba Anda sudah berjalan dengan baik, jangan pakai seluruh keuntungan usaha untuk pemakaian pribadi. Simpanlah hasil usaha tersebut dan apabila sudah mencukupi, lakukanlah ekspansi dengan membuka cabang baru di tempat lain. Cara memulai bisnis waralaba ini dapat dipakai setiap kali Anda membuka cabang atau jenis waralaba baru.

0 comments:

Post a Comment