Cara Cepat Berhenti Merokok


101dunia - Sebagian besar orang merasa sangat kesulitan untuk berhenti merokok. Bahkan banyak para perokok akut yang sudah menganggap bahwa merokok adalah salah satu kebutuhan primer seperti makan dan minum. Karena telah melekatnya kebiasaan merokok, seorang pecandu rokok ketika berbuka  puasa akan memilih untuk merokok dulu sebelum makan makanan berat. Hal ini sangat menyedihkan, padahal mereka sudah mengetahui bahaya kebiasaan merokok.


cara berhenti merokok

Memang sebagian perokok sangat ingin untuk dapat berhenti melakukan kebiasaaan buruk tersebut, namun seringkali upaya mereka tidak berhasil. Banyak orang yang mencari informasi tentang cara cepat berhenti merokok. Kali ini, kami ingin menyampaikan informasi tersebut.

Niat Yang Kuat

Pagi hari saat Anda bangun tidur, pikirkan lagi apa yang membuat Anda ingin segera berhenti merokok. Apakah demi kesehatan Anda? dompet Anda? Kesehatan keluarga Anda? kemudian berdoalah supaya Tuhan memberikan Anda kekuatan agar dapat menjalankan niat Anda.

Harus selalu ditanamkan dalam pikiran Anda bahwa merokok sangat berakibat buruk untuk kesehatan Anda pribadi. Banyak artikel dan literatur yang memberikan penjelasan tentang hal ini. Mulai dari penyakit jantung, kanker paru-paru, kangker tenggorokan, dan lain-lain. Namun kadang-kadang Anda lupa tentang ini. Bahkan hal yang paling konyol adalah ketika kita melihat beberapa orang perokok yang membicarakan tentang kesehatan sambil merokok.

Selain kesehatan jasmani, merokok juga dapat merusak "kesehatan" dompet Anda. Kita ambil contoh seorang perokok yang biasa menghabiskan satu bungkus rokok setiap hari. Katakanlah harga sebungkus rokok tersebut sebesar Rp15.000. Jika dikalikan 30 hari maka dalam satu bulan Anda akan menghabiskan uang sebanyak Rp450.000 dengan percuma. Apabila satu tahun maka jumlah uang Anda yang dibakar sebesar Rp5.400.000. Sudah berapa lama Anda merokok? apakah sudah 5 tahun? 10 tahun? atau 20 tahun? tinggal dikalikan. Kalau 10 tahun berarti Anda sudah menghabiskan uang sebesar Rp54.000.000,00 dengan percuma. Wow!! uang sebanyak itu sangat cukup untuk membeli satu unit motor sport 250 cc.

Bukan hanya berbahaya bagi Anda sendiri, efek buruk asap rokok juga sangat mengancam kesehatan orang-orang terdekat Anda. Perokok pasif tidak menyadari bahwa dia mengisap asap rokok sehingga cara menghisapnya pun berbeda dengan cara Anda merokok. Bahkan ada seorang wanita setengah baya yang positif terkena kanker paru-paru padahal dia tidak merokok. Ternyata suaminya seorang perokok berat. Tinggal bersama selama puluhan tahun dengan seorang perokok membuatnya harus mengidap kanker paru-paru yang sulit untuk disembuhkan. Akhirnya wanita tersebut meninggal lebih dulu dibandingkan sang suami.

Tanamkan Sugesti Yang Kuat

Sugesti seorang perokok adalah "berhenti merokok itu sulit". Baiklah kita coba simulasikan. Anda sedang merasa lapar lalu menemukan makanan yang sangat Anda senangi. Dengan lahap Anda menyantap makanan tersebut. Lalu tiba-tiba ada orang gila yang menghampiri dan meludahi makanan Anda. Apakah Anda terus memakan makanan tersebut? Tentu saja tidak. Nah hal itu bisa diaplikasikan kepada program berhenti merokok yang Anda lakukan. Tanamkan sugesti yang kuat, bahwa merokok sangat tidak baik untuk Anda. Tanamkan juga sugesti bahwa Anda bisa hidup lebih tenang dan bahagia tanpa rokok.

Mintalah Dukungan Pada Orang Lain

Dukungan dari orang-orang terdekat sangat diperlukan, oleh karena itu mintalah agar mereka mendukung Anda. Caranya, beritahu mereka bahwa Anda sudah berhenti merokok. Mintalah mereka untuk memarahi Anda jika mereka melihat Anda merokok lagi. Jika Anda belum juga bisa merokok, maka jangan sampai mereka melihat Anda merokok. Setiap kali bertemu, Anda harus segera mematikan rokok Anda. Lakukan hal ini terus menerus sampai akhirnya Anda benar-benar berhenti merokok.

Jauhi Teman Yang Merokok

Mulai hari ini, cobalah untuk menjauhi teman yang perokok. Atau paling tidak, apabila mereka merokok dihadapan Anda, maka segeralah pergi menjauh. Lakukan ini setiap hari maka Anda bisa berhenti merokok, dan teman Anda pun dapat mengikuti Anda agar mereka juga segera berhenti merokok.

Banyak Minum Air Putih

Jika sewaktu-waktu timbul keinginan yang kuat untuk merokok, maka segeralah ambil segelas air putih dan minum sebanyak mungkin, Hal ini akan menghilangkan keinginan merokok tersebut.

Hindari Makanan Dan Minuman Manis.

After taste makanan dan minuman manis akan menyebabkan rasa asam pada mulut. Inilah yang membuat keinginan untuk merokok muncul kembali. Karena itu hindari jenis makanan dan minuman tersebut, atau segera minum air putih setelah Anda menyantap semua jenis hidangan. Minum yang banyak hingga rasa manis di mulut itu hilang. 

Itulah cara berhenti merokok yang sangat ampuh. Silahkan dicoba dan segeralah berpola hidup sehat.

0 comments:

Post a Comment