Cappadocia, Negara Keluarga Flinstones Di Turki


101dunia - Mungkin Anda semua tahu tentang cerita film kartun "The Flinstones". Dan siapa sangka ternyata kota seperti yang ada di film tersebut sungguh nyata dan masih ada hingga sekarang. Cappadocia, kota bawah tanah yang dibangun sejak ribuan tahun lalu ternyata masih ada hingga saat ini. Seluruh bangunan kota ini dibentuk dengan memahat batu. Pemandangan di kota ini membuat kita seolah-olah terbawa ke kehidupan manusia jaman purba.


Cappadocia memiliki struktur bangunan hingga 11 lantai kebawah. Dengan struktur bangunan seperti itu maka kota ini dapat menampung ribuan keluarga dengan juamlah anggota keluarga mencapai 50.000 orang. Sungguh karya arsitektural yang sangat luar biasa, mengingat bahwa kota ini dibangun lebih dari 3.000 tahun lalu.

Cappadocia terletak di sebuah daerah di Provinsi Nevsehir. Nevsehir sendiri artinya "Tanah Dimana Kuda-kuda Yang Bagus Berada". Kota ini sudah sangat terkenal di dunia dan menjadi bahan rujukan untuk turis yang ingin berwisata. Cappadocia terletak di selatan Ankara dengan jarak sekitar 200 mil. Perjalanan dari Istanbul ke Cappadocia memakan waktu sekitar 12 jam jika memakai bus, sedangkan dari Ankara sekitar 5 hingga 6 jam.

Kota ini pertama kali ditemukan dan dibangun oleh bangsa Het dari kerajaan Hittites lebih dari 3.000 tahun lalu. Kerajaan tersebut merupakan salah satu peradaban yang maju di dunia kuno yang memerintah dari tahun 1700 SM hingga 1190 SM.

Permukaan daratan Cappadocia berupa batu karang yang lembut sehingga memudahkan penduduk untuk membuat gua-gua besar sebagai tempat berlindung. Atap-atap rumah terlihat halus seperti sarang semut akibat dari erosi alami oleh udara. Gejala alam ini menghasilkan pemandangan yang sangat indah di sekitar Cappadocia. Kota bawah tanah ini menjadi salah satu tempat wisata terindah di Turki dan merupakan salah satu tempat yang paling menarik minat wisatawan.

Guna mendukung sektor pariwisata maka pemerintah Turki sangat merawat situs ini dengan baik. Walaupun terletak di pedalaman, tetapi Turki membangun jalur transportasi yang memadai menuju lokasi ini baik dari Istanbul maupun dari Ankara. Dengan demikian kota bawah tanah ini dapat dikunjungi wisatawan kapanpun sepanjang tahun.


Pengelola tempat wisata ini menyediakan balon udara bagi wisatawan, karena cara paling menyenangkan untuk menikmati pemandangan di tempat ini adalah dengan melihat dari angkasa. Cappadocia juga menjadi tujuan wisata pendidikan karena ribuan pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia banyak yang melakukan penelitian disana

0 comments:

Post a Comment