Canakkale, Saksi Bisu Perang Troya di Turki


101dunia - Canakkale adalah nama sebuah kota yang terletak di daerah Laut Aegean dan terlihat indah di segala musim. Kecantikannya terlihat dari pemandangan barisan bukit hijau dan deretah pantai yang cantik dan bersih. Mungkin sudah banyak yang mengetahui kisah Perang Troya pada jaman dulu, dan kota Troya yang terkenal itu terletak tepat di kota ini.


Walaupun Kota Troya dibangun lebih dari 4000 tahun lalu, hingga kini masih ada sisa reruntuhan kejayaan kota ini di masa lampau. Untuk mengenang perang Troya, Turki membangun 2 buah replika kuda Troya untuk dinikmati para turis. Sisa peninggalan kota Troya pertama kali ditemukan Charles Mc Lahren pada tahun 1822. Penggalian dilanjutkan oleh seorang arkeolog asal Jerman yang bernama Schliemen dari tahun 1870-1890. 



Pemerintah Turki memberi nama situs Troy dengan dengan nama Hisarlik dan berada di dekat desa Hisarlik, 30 km barat laut kota Canakkale, Turki. reruntuhan kota ini termasuk kedalam World Heritage Site pada tahun 1998. Banyak turis yang mengunjungi situs ini karena tertarik dengan cerita perang Troya.

Masih ada amfiteater yang tersisa di reruntuhan kota Troya dan kondisinya tidak terlalu hancur. Batuan yang merupakan sisa-sisa bangunan pun tersebar dengan alami tanpa ada yang memindahkan. Para turis masih dapat melihat dengan jelas sisa pondasi bangunan rumah dan lainnya. Keindahan situs ini semakin lengkap dengan adanya rumput hijau yang menjadi karpet situs ini.

Selain memiliki situs sejarah berusia ribuan tahun, Canakkale juga merupakan saksi perang paling berdarah di jaman perang dunia pertama yang menewakan lebih dari 250.000 orang tentara. 



Pada tahun 1915, Mustafa Kemal Attaturk berhasil memimpin kemenangan bangsa Turki melawan musuhnya yang terdiri dari aliansi Inggris, Italia, Perancis, Australia, dan New Zealand. Pemerintah pun membangun Gelibolu Peninsula Historical Park untuk menghormati para pahlawan yang tewas dalam perang tersebut. Taman pahlawan ini mencakup kawasan pemakaman, dan monumen yang dikelilingi oleh perbukitan hijau, danau, tebing, dan pantai cantik. 

0 comments:

Post a Comment