Berlibur Ke Pulau Derawan

101dunia - Bagi Anda yang memiliki hobi traveling, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah pulau di daerah Kalimantan Timur yang bernama Pulau Derawan.

Berlibur ke Pulau Derawan

Sebelum pergi kesana, saya tidak pernah tertarik untuk berlibur ke daerah pantai. Karena saya pikir sensasinya akan biasa-biasa saja. Saya hanya tertarik berlibur ke Bali karena bukan hanya pantainya yang bisa dinikmati, tetapi juga kebudayaan setempat.

Ketika suatu hari saya mendapat tugas menggantikan pimpinan saya di tempat kerja untuk berlibur ke Pulau Derawan dalam suatu acara gathering perhimpunan perusahaan perbankan, respon saya biasa-biasa saja. Bahkan sebetulnya agak berat hati karena harus meninggalkan keluarga. Tetapi karena ini adalah tugas, maka akhirnya saya berangkat.

Singkat cerita, tibalah hari keberangkatan. Kami berangkat dari Bandung tepat pukul 4 WIB dini hari dan tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 5.30 WIB. Jam 7 kami harus boarding dan pesawat lepas landas beberapa saat kemudian.

Perjalanan dari Jakarta ke Balikpapan memakan waktu sekitar 2 jam 45 menit. Perjalanan dilanjutkan dengan pesawat dari Balikpapan ke Tarakan yang memakan waktu sekitar 45 menit. Kami beristirahat makan siang di Tarakan. Disini Anda harus mencoba menyantap kepiting Tarakan yang sudah sangat terkenal dan dijamin akan memanjakan lidah Anda.

Setelah makan siang dan beristirahat maka kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speed boat. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 3 jam, namun dari sekitar 30 orang penumpang tidak ada satu pun yang mabuk laut. Selama perjalanan tidak ada ombak yang besar sehingga speed boat kami hanya mengalami guncangan-guncangan kecil.

Akhirnya tepat pukul 5 sore kami sampai di tempat tujuan. Lelah dan penat akibat perjalanan hari itu terbayarkan sudah. Seumur hidup, saya belum pernah melihat pemandangan pantai seindah itu. Saya pikir pemandangan semacam itu hanya ada di gambar-gambar yang ada di internet. Namun ternyata saya bisa menyaksikan sendiri, salah satu keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Jernihnya air laut di pantai membuat saya dapat melihat ikan-ikan dan penyu yang sedang berenang. Pasir putih yang terjaga kebersihannya, permukaan air laut yang tenang, indahnya sinar matahari sore yang berangsur terbenam, membuat saya semakin bersyukur dapat berkunjung ke pulau ini.

Berlibur ke Pulau Derawan

Liburan selama 3 hari 2 malam waktu itu membuat saya bertekad untuk dapat membawa serta keluarga saya kesana, suatu hari nanti apabila si kecil sudah agak besar.